Pantau Flash
Pemerintah Optimistis Investasi Listrik Meningkat 39 Miliar Dolar
Erick Thohir Berencana Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia
BI Targetkan Pertumbuhan Kredit 2020 di Kisaran 9-11 Persen
11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu Akan Rampung di 2020
Gilas Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

5 Manfaat Menakjubkan Buah Sirsak untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

5 Manfaat Menakjubkan Buah Sirsak untuk Kesehatan Kulit dan Rambut Buah Sirsak. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Sirsak adalah buah berwarna hijau yang juga dikenal sebagai graviola atau ramphal di India. Ketika buah ini matang dan berubah menjadi lunak, adalah waktu yang tepat untuk menggunakannya pada kulit dan rambut. 

Karena sifat obat yang ditemukan di sirsak atau ramphal ini banyak digunakan dalam mengobati penyakit yang tidak dapat disembuhkan seperti kanker dan juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Bukan hanya kesehatan, tetapi menggunakan sirsak juga dapat membantu mengatasi banyak masalah perawatan kulit dan rambut.

Karena sifat antibakteri dan antiseptik yang ditemukan dalam sirsak, secara luas termasuk dalam berbagai produk perawatan kulit dan perawatan rambut.

Berikut 5 manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan kulit dan rambut Anda.

1. Mengobati Kulit Gatal

Karena sifat antivirus dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam sirsak, dapat membantu menenangkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Aplikasi sirsak secara teratur dapat membantu mengobati gatal-gatal pada kulit dan juga menjadikan kulit lebihsehat. Untuk menggunakan sirsak pada kulit, ambil 3-4 sendok bubur sirsak. Tambahkan satu sendok madu dan satu sendok yogurt ke dalamnya. Campur bersama dan oleskan pada bagian yang sakit. Pijat selama beberapa waktu dan bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jus Buah Delima yang Perlu Kamu Tahu

2. Mengobati Jerawat

Sirsak adalah salah satu solusi efektif yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Karena sifat antibakteri yang ditemukan dalam buah ini, dapat membantu menyembuhkan kulit dan meningkatkan regenerasi sel. Untuk menyembuhkan jerawat dengan sirsak, Anda perlu mengambil 1-2 sendok bubur sirsak. Sekarang tambahkan dua sendok susu, satu sendok gel lidah buaya dan ½ sejumput kunyit. Campur bersama dan oleskan ini pada jerawat atau daerah yang terkena Biarkan mengering lalu cuci dengan air dingin.

3. Manfaat Anti-penuaan

Jika Anda ingin menghilangkan keriput, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya secara efektif, masukkan sirsak dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Sirsak mengandung antioksidan yang berperan besar dalam membunuh radikal bebas yang bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan ini. Ambil beberapa sendok bubur sirsak dan tambahkan satu sendok lidah buaya ke dalamnya. Tambahkan satu tetes minyak esensial lavender dan pijat kulit Anda dengan masker ini. Pijat dengan gerakan memutar selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin.

4. Mengobati Ruam dan Eksim Kulit

Sirsak mengandung sifat antivirus dan antibakteri yang membantu mencegah segala jenis infeksi kulit. Jika Anda menderita infeksi kulit atau eksim, Anda harus memijat pasta sirsak di daerah yang terkena. Jika tidak ditempelkan, menggunakan air sirsak di daerah yang terkena dampak juga dapat meringankan masalah dengan mudah.

Baca Juga: 5 Manfaat Cranberry untuk Rambut, Salah Satunya Basmi Ketombe

5. Menghilangkan Ketombe 

Sirsak juga dapat berguna untuk kulit kepala yang sehat dengan menghapus ketombe dengan mudah. Gunakan pasta sirsak atau air sirsak untuk mengatasi masalah ini, karena mengandung sifat antibakteri yang memainkan peran utama dalam pemberantasan serpihan ketombe dari kulit kepala. Menggunakan rebusan sirsak dapat membantu menghilangkan ketombe dan juga membuka pori-pori di kulit kepala. Gunakan ini tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: