
Pantau.com - Google memiliki sejumlah trik mudah yang dapat diaplikasikan agar bekerja dari rumah dapat menjadi lebih efektif, mulai dari Gmail hingga Drive.
Berikut ulasan dari Pakar Produktivitas Google, Laura Mae Martin dalam konferensi virtual bersama Google, Kamis (14/5/2020).
Baca juga: Bekerjasama dengan Operator Seluler, Google Gratiskan Internet untuk Guru
1. Gmail - menjadwalkan kirim email otomatis
Gmail memiliki fitur untuk mengirim email sesuai jadwal yang diinginkan. Ketika membuat pesan baru atau membalas, klik panah sebelah tombol 'Kirim', lalu 'Jadwalkan pengiriman'.
2. Meet - membisukan pemberitahuan saat rapat
Terdapat fitur di Google Meet untuk meminimalisir gangguan saat menghadiri rapat virtual atau ketika di luar ruangan. Dengan memilih tombok 'Aktif', pilih durasi untuk mute pemberitahuan.
3. Chrome - pin tab
Fitur pin tab dalam browser Google Chrome dapat menyematkan tab di browser dan mencegahnya untuk menutup secara tidak sengaja. Caranya, cukup klik kanan dan pilih 'pin tab'.
4. Calendar - buat daftar tugas
Dalam Calendar, pengguna dapat membuat daftar tugas, dan bahkan dapat menyematkan kotak tugasnya dengan mudah.
5. Drive - buat ruang kerja (workspace)
Ruang kerja dalam Drive memungkinkan pengguna untuk bekerja dalam banyak proyek dan perlu cara cepat untuk mengakses file penting.
Bagian 'Ruang Kerja' dapat dipilih di kolom prioritas, lalu buat dan beri nama folder, dan tambahkan file ke dalam folder tersebut.
Baca juga: Asik! Panggilan Video Google Duo Bakal Bisa untuk 32 Orang
6. Slides - tanya-jawab
Google Slides memungkinkan penggunanya untuk menerima dan menyampaikan pertanyaan audiens. Cukup minta audiens untuk mengirimkan pertanyaan selama presentasi.
rn- Penulis :
- Gilang