Pantau Flash
Selamat Tinggal.... Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki Stop Operasi
Ketua MPR: UU Buatan DPR dan Pemerintah Banyak yang Salahi UUD 1945
Bom Bunuh Diri Terjadi di Ibu Kota Afghanistan, 63 Orang Tewas
Pratu Sirwandi, Prajurit TNI Korban Penembakan KKSB di Papua Gugur
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014

5 Negara Paling Damai dan Aman di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Ya?

5 Negara Paling Damai dan Aman di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Ya? Sebuah kota di Selandia Baru. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jika berpergian ke luar negeri, faktor keamanan pastinya menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Di setiap tahunnya, Vision of Humanity mengeluarkan data berjudul Global Peace Index, yang memberikan penilaian mengenai sejumlah negara di dunia dari faktor keamanan dan kesejahteraan di wilayah tersebut sehingga pantas masuk kedalam daftar negara paling aman di dunia.

Baca juga: 5 Negara Terkecil di Dunia

Tingkat perdamaian global pada 2019 merupakan pertama kalinya indeks membaik dalam lima tahun terakhir. Skor negara rata-rata meningkat hingga -0,09 persen, dengan 86 negara mengalami peningkatan dan 76 negara memburuk. Diproduksi oleh Institut ekonomi dan perdamaian (IEP), GPI adalah tolok ukur terkemuka di dunia untuk kedamaian. Laporan ini menyajikan analisis berbasis data yang komprehensif sampai saat ini dalam nilai ekonomi, kecenderungan, dan bagaimana mengembangkan masyarakat yang damai.

Apa Saja Daftar Negara Paling Aman di Dunia?

Ada 3 faktor utama untuk penilaian data ini, yakni konflik domestik dan internasional yang sedang dialami negara tersebut, pengamanan sosial serta faktor militer. Berikut lima negara paling damai di dunia menurut Global Peace Index;

1. Islandia

negara islandia

Sebuah kota di Islandia. (Foto: Pixabay)

Islandia menduduki peringkat pertama dan telah bertahan selama tiga tahun dalam mempertahankan predikat negara paling damai dan aman di dunia.

Dalam data GPI, sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik ini memperoleh skor 1.072 dengan tanda hijau pekat, yang ditandai dengan tingginya perdamaian di negara tersebut.

Baca juga: 6 Foto Hujan Meteor Perseid Paling Indah dari Berbagai Belahan Dunia

2. Selandia Baru

negara new zealand

Sebuah kota di Selandia Baru. (Foto: Pixabay)

Selanjutnya di posisi kedua ada Selandia Baru. Meski tragedi penembakan mematikan pada dua masjid di Christchurch pada bulan Maret lalu, tak berparuh pada posisi Selandia Baru dalam Global Peace Index.

Negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik meraih skor 1.221.

3. Portugal

negara portugal

Sebuah kota di Portugal. (Foto: Pixabay)

Menjadi sebuah negara di Eropa Selatan, tepatnya di Semenanjung Iberia, Portugal menduduki peringkat tiga negara paling damai dan aman di dunia.

Baca juga: 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara

Kedudukan negara yang berbatasan dengan Spanyol ini naik tiga peringkat dari tahun sebelumnya. Portgulah memperoleh skor 1.274.

4. Austria

negara austria

Sebuah kota di Austria. (Foto: Pixabay)

Negara indah dengan pemandangan pegunungan Alpen ini mengisi posisi keempat untuk negara paling aman dan damai di dunia. Negara yang terkenal dengan desa kecil cantiknya, Hallstat, meraih skor.

1.291 dalam Global Peace Index. Daerah lain yang terkenal di negara ini termasuk hutan Bohemian di bagian utara, Danau Traunsee dan kebun anggur timur bukit.

5. Denmark

negara denmark

Sebuah kota di Denmark. (Foto: Pixabay)

Denmark merupakan negara Skandinavia yang terdiri dari Semenanjung Jutland dan sejumlah pulai lainnya menempati lima besar posisi negara paling aman dan damai di dunia. Denmark, yang secara resmi Kerajaan Denmark (bahasa Denmark: Kongeriget Danmark) adalah negara Nordik yang paling kecil, dan paling selatan meraih skor 1.316

Di posisi keenam ada Kanada lalu diikuti negara dari Asia, yakni Singapura. Sedangkan, di posisi kedelapan diisi oleh Slovenia, Jepang, dan kesepuluh oleh Republik Ceko. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Dengan total 163 negara, Indonesia berada di posisi ke-41. Posisi ini naik pesat 14 peringkat dari tahun sebelumnya, yakni ke-55.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional

Berita Terkait: