Forgot Password Register

Apa Jadinya Jika Setiap Hari Buka Puasa Makan Gorengan?

Apa Jadinya Jika Setiap Hari Buka Puasa Makan Gorengan? Ilustrasi gorengan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Karena murah dan mudah didapat, gorengan sering jadi solusi instan hidangan berbuka puasa. Tapi apa jadinya jika dikonsumsi setiap hari? Terlebih gorengan jadi asupan pertama setelah selama belasan jam perut dalam keadaan kosong.

"Gorengan itu lemaknya sangat tinggi. Cobain saja gitu sebelum goreng diukur minyaknya, habis selesai goreng sudah dingin diukur lagi ada berapa volume minyaknya," ujar Astri Kurniati, Head of Nutrifood Research Centre dalam acara Buka Bersama Sehat di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 13 Mei 2019.

Baca juga: Buka Puasa Pakai Gorengan Takut Panas Dalam? Begini Cara Konsumsinya

Dalam kandungan minyak yang banyak itu, maka dengan mudah mengukur seberapa banyak lemak yang terkandung dalam makanan. Sedangkan jumlah maksimal lemak yang masuk ke tubuh per hari ialah 67 gram atau setara lima sendok makan.

Adapun cara meminimalisirnya bisa dilakukan dengan mengganti produk minyak yang biasa mengandung lemak jenuh, diganti dengan yang tidak mengandung lemak jenuh seperti banyak produk yang sudah ada di pasaran.

Baca juga: Sering Makan Kolak Saat Buka Puasa, Sehatkah?

"Itu sebenarnya pilihan yang lebih sehat. Kan ada minyak yang mengandung lemak jenuh dan mengandung lemak tidak jenuh, yang mengandung lemak tidak jenuh pastinya lebih sehat. Tapi balik lagi kalorinya pasti sama, cuma secara jenis minyaknya lebih sehat," jelasnya.

"Sebenarnya sedikit-sedikit enggak apa-apa (makan gorengan), tapi kalau kebanyakan itu haduh, harus dihindari," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More