Forgot Password Register

Sering Makan Kolak Saat Buka Puasa, Sehatkah?

Sering Makan Kolak Saat Buka Puasa, Sehatkah? Kolak pisang (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Kolak adalah makanan yang paling mudah ditemukan dan jadi santapan favorit kebanyakan orang saat berbuka puasa, tapi apakah kolak termasuk makanan yang menyehatkan?

Baca juga: 5 Makanan Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak

Jawabannya bisa iya dan bisa tidak, mengingat yang cukup menganggu kesehatan ada pada kuah kolak yang sangat manis dan mengandung gula yang cukup tinggi.

"Kolak itu kan manis banget pakai brown sugar, itu pasti gulanya tinggi belum lagi santannya gulanya juga tinggi," ujar Astri Kurniati, Head of Nutrifood Research Centre dalam acara buka puasa sehat Nutrifood di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

Jika termasuk orang yang fanatik terhadap makanan asli Indonesia itu untuk mencari solusi, bisa dilakukan dengan mengganti gula merah dengan beberapa produk gula jawa yang rendah glukosa.

"Santannya mungkin dikit aja, enggak usah banyak-banyak asal ada rasa jadi tetap bisa menikmati tapi dengan option yang lebih sehat," paparnya.

Baca juga: Berapa Maksimal Diperbolehkan Minum Kopi di Bulan Puasa?

Sementara itu, isi buah dari kolak disebut Astri tidak berbahaya karena cara memasaknya bukan digoreng, tetapi di rebus. Belum lagi mengingat ubi dan pisang yang biasa ada dalam kolak adalah makanan yang sehat.

"(Isi kolak) enggak apa-apa sih karena ubi karbohidrat yang baik juga karena banyak seratnya, dan sebenarnya kolak direbus enggak digoreng, pisangnya juga direbus enggak digoreng, jadi kalau soal isinya enggak apa-apa lebih ke kuahnya lebih ke santan sama gula jawanya," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More