Forgot Password Register

AS Lakukan Penggalangan Dana untuk Pembangunan Katedral Notre-Dame

AS Lakukan Penggalangan Dana untuk Pembangunan Katedral Notre-Dame Kobaran api terlihat saat pemadam menyemprotkan air ke Katedral Notre-Dame yang terbakar di Paris, Prancis, 15 April 2019. (Foto: Reuters/Philippe Wojazer)

Pantau.com - Kebakaran yang meluluhlantakkan Katedral Notre-Dame di Paris pada Senin 15 April 2019 waktu setempat, membuat warga Amerika Serikat melakukan penggalangan dana.

Para warga pun berkomitmen untuk membangun kembali gedung bersejarah dunia itu, bahkan saat kebakaran masih berlangsung.

French Heritage Society yang berbasis di New York dan Go Fund Me merupakan badan pertama yang menawarkan bantuan untuk Notre-Dame. Katedral tersebut dianggap para wisatawan mancanegara sebagai tujuan yang wajib dikunjungi saat berada di Paris.

Baca juga: 5 Fakta Katedral Notre-Dame yang Terbakar di Paris

French Heritage Society, LSM Amerika yang didedikasikan untuk melestarikan kekayaan budaya dan arsitektur Perancis, meluncurkan laman online untuk menggalang dana guna perbaikan katedral.

"Notre-Dame jelas merupakan keajaiban arsitektur dan pastinya monumen yang harus dibangun kembali," kata direktur eksekutif French Heritage Society, Jennifer Herlein ketika dihubingi melalui sambungan telepon.

Namun, Herlein tidak langsung mengatakan berapa banyak organisasi yang menggalang dana untuk Notre-Dame. 

Baca juga: Presiden Macron: Kami Akan Bangun Kembali Katedral Notre-Dame

Untuk diketahui, Organisasi, yang didirikan pada 1982, tahun lalu memberikan dana hibah lebih dari 430.000 dolar AS (sekitar Rp6miliar) untuk pemulihan sejumlah proyek di perpustakaan nasional Perancis.

Sebelumnya, Presiden Perancis Emmanuel Macron berjanji akan membangun kembali katedral Notre-Dame, pasca kebakaran dahsyat yang meluluhlantakkan sebagian besar bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur gotik tersebut.

"Mari kita berbangga, karena kita membangun katedral ini lebih dari 800 tahun yang lalu, kita telah membangunnya, dan selama ratusan tahun, membiarkannya tumbuh dan merenovasinya. Jadi malam ini dengan sungguh-sungguh saya mengatakan: kami akan membangun kembali katedral bersama-sama," kata Macron, yang berada di depan ikon bersejarah Paris saat berlangsungnya kebakaran, kepada awak media.

Baca juga: Kebakaran Besar Melanda Katedral Notre-Dame di Paris


Share :
Komentar :

Terkait

Read More