Forgot Password Register

Bahas e-Commerce, Jokowi Malah Singgung Ekosistem! Apa Maksudnya?

Bahas e-Commerce, Jokowi Malah Singgung Ekosistem! Apa Maksudnya? Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Bukalapak ke 9. Dalam sambutannya ia meminta agar Bukalapak sebagai salah satu start up e-commmerce yang kini telah menjelma menjadi perusahaan unicorn dapat berkontribusi bagi bangsa bukan hanya mengejar profit semata.

"Harapan saya kita (anak bangsa) tidak hanya mengekploitasi peetumbuhan ekonomi digital, yang saya lihat Bukalapak ini memiliki hati, memiliki jiwa, jauh dari hanya mengejar profit dan keuntungan, agar semua pelaku digital meniru dan memiliki semangat yang sama," ujarnya saat sambutan di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (10/1/2018).

Baca juga: Makin Canggih, e-Commerce Ajak Warung Melek Teknologi

Lebih lanjut Jokowi mengatakan saat ini banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memiliki produk cukup bagus namun tak memiliki keahlian dalam memasarkan ataupun mengikuti selera pasar. 

"Banyak UKM yang memiliki produk bagus tapi tidakidka mengikuti tren pasar, desain bagus tapi warnanya tidak ikuti keinginan pasar," katanya.

Oleh karena itu mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap ada upaya untuk menyambungkan ekosistem offline dan online sehingga marketplace milik Indonesia dapat dipenuhi dengan produk asal negeri.

"Kalau bisa disambungkan, ekosistem offline dan ekosistem online bisa jadi kekuatan besar, sangat besar peluang, jangan sampai karena produk kita gak masuk ke online, jadi diisi oleh barang-barang dari luar, market place kita, tapi produk dari luar," ungkapnya.

Baca juga: Ojol Agendakan Demo 15 Januari, Kemenhub: Saya Kasihan....

Ia juga berharap persoalan ini dapat diselesaikan segera. Tujuannya tentu agar seluruh produk yang dijual di market place merupakan produk dalam negeri. 

"Mungkin sementara enggak apa-apa, tapi jangka pendek, jangka menengah harus diusahakan bersama-sama agar barang-barang semuanya produk dalam negeri kita," ungkapnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More