Pantau Flash
Gibran ke DPD PDIP 12 Desember Mendatang Bawa Pasukan 302 Orang
Bahas Petrokimia, Pimpinan Pertamina Temui Jokowi di Istana Negara
Rusia Dilarang Ikut Olimpiade Buntut Skandal Doping
Kemenhub Klaim Tol Jakarta-Cikampek Jadi Lintasan Favorit Selama Mudik
Catat! Siswa Magang Berhak Dapat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Begini Cara Terduga Teroris Cilincing Pesan Bahan Dasar Pembuat Bom

Begini Cara Terduga Teroris Cilincing Pesan Bahan Dasar Pembuat Bom Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Polisi telah menyita berbagai barang bukti berupa bahan dasar pembuat bom dari rumah terduga teroris berinisial MA di kawasan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara. 

Belakangan terungkap berbagai bahan baku pembuat bom itu bisa didapat oleh terduga pelaku dengan cara memesan secara online.

"Untuk memesan barangnya juga memesan melalui online," ucap Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Hendi Susianto di lokasi, Senin (23/9/2019).

Baca juga: Densus 88 Ringkus Delapan Terduga Teroris di Tambun dan Cilincing

Hanya saja, sambung Budhi, terduga teroris MA dalam memesan bahan baku pembuat bom secara langsung, melainkan secara bertahap. Cara itu dilakukan lantaran MA mencegah kecurigaan dari pihak keluarga dan masyarakat atau warga sekitar.

"Kalau keterangan dari keluarganya bahwa barang-barang yang dipesan itu tidak datang sekaligus jadi barang-barangnya dipesan satu-satu jadi tidak ada kecurigaan," papar Budhi.

Bahkan, Budhi menyebut bahwa terduga teroris memiliki sikap tertutup tak hanya kepada masyarakat atau warga sekitar. Sebab dari keterangan yang diperoleh, bahwa MA sangat tertutup soal aktivitas terhadap keluarganya.

"Jadi tersangka ini atau terduga teroris ini selama ini dengan keluarganya juga tertutup apapun aktivitas yang dilakukan oleh terduga teroris ini dari keluarganya," pungkas Budhi.

Baca juga: Secarik Surat Ditemukan di Rumah Terduga Teroris, Isinya Akan Meledakkan...

Sebelumnya, Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap sejumlah terduga teroris pada lokasi berbeda di Jakarta dan Bekasi, pada Senin pagi (23/9/2019).

"Saat ini sudah dilakukan preventif strike di beberapa lokasi guna mencegah serangan aksi teror," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta.

Dedi mengatakan terduga teroris yang ditangkap merupakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi dan daerah lainnya. Dari info yang didapat Pantau.com, total delapan orang. Tujuh diringkus di daerah Tambun, sedangkan satu lagi di Cilincing, Jakarta Utara.


Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK
Category
Nasional

Berita Terkait: