Pantau Flash
Indonesia Buka Kantor Konsul Kehormatan Pertama di St Christopher dan Navis
Kapten Persija Akui Perubahan Pelatih Pengaruhi Performa Tim
Ada UU Pangan, Pengusaha Tekstil Pertanyakan Kapan Kemunculan UU Sandang
Di Tengah Krisis Boeing, Airbus Malah Tingkatkan Kerja Sama di China
Lebanon Bebaskan Satu Orang yang Dituduh Ingin Ledakkan Bandara Sydney

Benarkah Melihat Pemandangan Hijau Membuat Mata Lebih Segar?

Benarkah Melihat Pemandangan Hijau Membuat Mata Lebih Segar? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebanyakan orang merasa tentram dan mata menjadi jauh lebih segar setelah melihat pemandangan hijau. Tapi apakah itu hanya sebuah sugesti semata atau memang ada penjelasan secara medisnya?

Baca juga: Terlalu Lama Gunakan Softlens Bisa Bikin Mata Buta

Kepala Klinik Utama Mata JEC @Bekasi, Dr.Nashrul Ihsan, Spam membantah fenomena itu terjadi karena faktor warna, tapi karena mata dimanjakan 'melihat jauh'.

"Bukan karena hijau itu sebenernya (karena) melihat jauh, kalau ngeliat jauh otomatis lebih rileks matanya otomatis tidak lelah," ujar Dr. Nashrul di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/3/2019).

Dr. Nashrul mengatakan langkah ini sesuai dengan panduan American Optimetric Assosiation (AOA) yang membuat aturan '20-20-20' untuk menghilangkan ketegangan mata karena faktor kelelahan.

"Sama seperti panduan kalau di AAO kemarin ada '20-20-20' kalau enggak salah, itu ada 20 menit lihat monitor, 20 detik lihat jauh yang itu diatas enam meter," jelas Nashrul.

Baca juga: Sejarah Panjang Operasi Mata Katarak dari Zaman ke Zaman

Cara ini dikatakan memang ampuh memaksa mata untuk beralih dari jarak pendek ke jarak jauh, yang membuat mata lebih santai. Langkah ini juga disebut olahraga mata yang ternyata ampuh mencegah mata menderita 'minus' karena disebabkan layar monitor gadget.

"Jadi kalau di rumah melihat jarak dari 6 meter, meski enggak terlalu besar asal lebih dari 6 meter itu udah jauh udah enak, bisa (santai)," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: