Forgot Password Register

Celetukan Kanselir Jerman Soal KTT G7 Akan Berjalan Sulit dengan Adanya AS

Celetukan Kanselir Jerman Soal KTT G7 Akan Berjalan Sulit dengan Adanya AS Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: Reuters/Axel Schmidt)

Pantau.com - Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, diskusi kontroversial pada KTT G7 pada minggu ini akan jelas terasa. Tentunya dari perbedaan pandangan Presiden AS Donald Trump soal perdagangan, iklim politik dan keamanan.

Melansir AFP, Kamis (7/6/2018) Merkel juga mengatakan para pemimpin belum tentu berhasil menarik kesepakatan final dari KTT G7.

"Saya pikir semua orang tahu akan ada diskusi yang sulit di sana, karena KTT G7 berurusan dengan ekonomi global, perdagangan, perlindungan iklim, pengembangan dan kebijakan luar negeri," katanya kepada parlemen Jerman.

Baca juga: LeBron James-Stephen Curry: Juara NBA 2018 Bakal Tolak Undangan Donald Trump ke Gedung Putih

Keputusan Trump untuk mundur dari iklim Paris dan kesepakatan nuklir Iran serta memberlakukan tarif baja dan aluminium yang menyapu menunjukkan bahwa "kami memiliki masalah serius dengan perjanjian multilateral, dan itulah mengapa akan ada diskusi yang kontroversial," katanya.

Mengingat perbedaan mencolok antara AS dan banyak mitranya, ia berpendapat bahwa pertemuan itu tidak boleh memaksakan komunike bersama yang akan mengeja "penyiraman" komitmen bersama sebelumnya.

Baca juga: Antisipasi Serangan Nuklir Rusia-Korut, AS Kembangkan Misi Rahasia Super Canggih

Merkel bersumpah untuk memasuki pembicaraan "dengan itikad baik" tetapi menekankan bahwa harus ada "tidak ada kompromi untuk kepentingan sendiri" dan bahwa pernyataan akhir oleh tuan rumah Kanada, daripada komunike bersama, "mungkin cara yang lebih jujur".

Berbicara dalam format waktu pertanyaan parlemen yang baru, pemimpin veteran Eropa juga menegaskan kembali bahwa, di tengah ketegangan trans-Atlantik yang mendidih, Eropa akan semakin harus menemukan jalannya sendiri di dunia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More