Pantau Flash
Indonesia Buka Kantor Konsul Kehormatan Pertama di St Christopher dan Navis
Kapten Persija Akui Perubahan Pelatih Pengaruhi Performa Tim
Ada UU Pangan, Pengusaha Tekstil Pertanyakan Kapan Kemunculan UU Sandang
Di Tengah Krisis Boeing, Airbus Malah Tingkatkan Kerja Sama di China
Lebanon Bebaskan Satu Orang yang Dituduh Ingin Ledakkan Bandara Sydney

Hari Perdana Uji Coba Publik, MRT Jakarta Angkut 4.000 Warga

Headline
Hari Perdana Uji Coba Publik, MRT Jakarta Angkut 4.000 Warga Sejumlah warga mengikuti uji coba publik pengoperasian MRT (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta  mengangkut 4.000 warga Jakarta di hari perdana uji coba publik pada Selasa (12/3/2019) mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Direktur Utama PT Mass Rapid Transit Jakarta, William Sabandar, mengatakan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mencoba MRT Jakarta yang merupakan transportasi publik berbasis rel yang biasanya hanya dinikmati di kota-kota negara maju, kini juga bisa dinikmati di Kota Jakarta.

"Antusiasmenya tinggi sekali. Pendaftaran uji coba publik masih dibuka sehingga jumlah penumpang masih mengalir terus. Untuk hari perdana ini, kami akan mengangkut penumpang sebanyak 4.000 orang," kata William di Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Dua Hari Dibuka, Kuota Uji Coba MRT Sisa 140.977 Orang 

William mengharapkan 4.000 pengguna yang menikmati uji coba MRT Jakarta, bisa menjadi duta-duta dalam menerapkan budaya bertransportasi publik baru yang baik, tertib dan nyaman bagi semua.

"Lihat proses ini, tidak hanya menjadi perjalanan anda dari rumah ke kantor. Tetapi lihat bagaimana anda semua menjadikan Kota Jakarta menjadi lebih aman, indah dan tidak macet bila warganya naik transportasi publik," ujar William.

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin mengatakan dalam uji coba publik yang akan dilakukan selama dua pekan 12-24 Maret 2019 kuota per hari penumpang akan meningkat hingga nanti 28.800 per hari.

"Jadi sekarang 4.000, besok akan 8.000, terus bertambah hingga nanti 28.800 per hari hingga akhir uji publik nanti," ujar Kamaludin.

Adanya kuota tersebut, kata Kamaludin, adalah disebabkan karena masih adanya bagian yang perlu diselesaikan di bagian pintu masuk dan sertifikasi fasilitas pendukungnya seperti eskalator dan elevator terutama di stasiun-stasiun layang.

Baca juga: Infografis Menyimak Fitur MRT Jakarta yang Siap Beroperasi Maret 2019

"Di beberapa stasiun masih harus ada penyelesaian minor di bagian pintu masuk dan juga sertifikasi fasilitas pendukung seperti eskalator dan elevator. Itulah kenapa kami memberlakukan kuota penumpang per hari. Karena kami ingin ketika buka untuk publik semuanya telah selesai," jelas Kamaludin.

Pendaftaran uji publik MRT, telah dibuka sejak Selasa 5 Maret 2019 mulai pukul 10.00 WIB, yang direncanakan akan terus dibuka hingga 23 Maret 2019 mendatang melalui laman web, www.jakartamrt.co.id, atau di laman web www.ayocobamrtj.com.

Uji coba publik ini akan berlangsung pada 12-24 Maret 2019.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Category
Nasional

Berita Terkait: