Forgot Password Register

Istri Bos Abu Tours Ditetapkan Sebagai Tersangka

Istri Bos Abu Tours Ditetapkan Sebagai Tersangka Tahanan (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Polda Sulawesi Selatan menetapkan istri Chief Executive Officer (CEO) Abu Tours Hamzah Mamba (36), Nursyahria sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan penggelapan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dana 96.601 jamaah umrah.

"Hasil pengembangan kasus Abu Tour ini, penyidik telah menetapkan Nursyahria, istri dari bos Abu Tour Hamzah Mamba sebagai tersangka serta Komisaris Abu Tour Khaeruddin," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: Sadis! Pelaku Curanmor di Probolinggo Tewas Dibakar Warga

Dicky mengatakan, penetapan Nursyahria dan Khaeruddin itu lantaran besarnya peran keduanya dalam penyelewengan dana jamaah umrah. Tersangka Khaeruddin telah menerima dana jamaah umrah kemudian menyimpan dan menggunakannya untuk kepentingan perusahaan serta pribadi.

Tersangka juga disebut telah mendapatkan bonus dari perusahaan berupa satu unit rumah tinggal, satu unit kendaraan roda empat serta ibadah haji beserta istrinya.

Nursyahria juga menerima dan menyimpan uang jamaah umrah serta menggunakan untuk kepentingan pribadinya.

Baca juga: Polisi Curigai Mafia Narkoba yang Menembak Lapas Pekanbaru

"Tersangka dikenakan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan pasal 5 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun penjara," katanya.

Sebelumnya, pada Jumat, 23 Maret 2018 penyidik menetapkan Hamzah Mamba sebagai tersangka karena perusahaannya yang bergerak di bidang travel umrah itu tidak mampu memberangkatkan jamaahnya ke Arab Saudi.

Total kerugian para jamaah umrah yang jumlahnya sebanyak 96.601 orang itu diperkirakan lebih dari Rp1,4 triliun sesuai dengan besaran dana yang masuk dari setiap jamaah.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More