Forgot Password Register

KPAI Minta Warganet Tak Gegabah Sebarkan Tagar 'Audrey Juga Bersalah'

KPAI Minta Warganet Tak Gegabah Sebarkan Tagar 'Audrey Juga Bersalah' KPAI. (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Kasus pengeroyokan terhadap siswi SMP berinisial A di Pontianak masih berlanjut hingga muncul tagar baru dimedia sosial, yakni #audreyjugabersalah. 

Padahal sebelumnya warganet meramaikan media sosial dengan #justiceforAudrey saat awal kasus tersebut terungkap. 

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ingatkan publik untuk tidak gegabah menyimpulkan proses hukum atas kasus tersebut.

"Hari ini juga keluar hashtag-hashtag baru yang melawan. Kalau sebelumnya 'justice for Audrey', kemudian keluar lagi hashtag Audrey juga bersalah. Menurut kami, kita harus bersabar menunggu proses hukum yang berjalan, tidak lakukan judgement," kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati di kantor KPAI, Jl. Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Tagar 'Audrey Juga Bersalah' Juga Viral di Dunia Maya

Rita menyampaikan, KPAI akan terus memantau rehabilitasi yang dijalani korban juga proses hukum yang dijerat kepada tiga tersangka, L, TPP, dan NNA. 

Diakuinya, sejak kasus ini ramai di media sosial banyak narasi yang muncul tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 

"Narasi yang ada kontra produktif dengan berjalannya kasus. Tentu akan berpengaruh pada pelaku maupun korban," ucapnya.

Baca juga: Mengapa Banyak Anak Bersikap Kasar Seperti Kasus Audrey?

Terhadap para orangtua pelaku maupun korban, Rita juga mengingatkan agar selalu mendampingi dan memberikan dukungan kepada anak-anaknya. Menurutnya, butuh waktu jangka panjang untuk masa pemulihan bagi pelaku juga korban.

"Peran orangtua sangat penting. Dalam hal ini bagaimana pola asuh, anak berkomunikasi dengan orangtua sehingga anak juga merasa nyaman. Kalau anak punya masalah, anak akan nyaman cerita ke orangtua. Tidak ke orang lain yang justru mendapat saran kurang tepat," tuturnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More