Forgot Password Register

Masih Berani Jual Miras Ilegal di Bekasi? Siap-siap Dihukum 20 Tahun Penjara

ilustrasi miras (Pantau.com/ Fery Heryadi) ilustrasi miras (Pantau.com/ Fery Heryadi)

Pantau.com - Demi memberantas miras ilegal di Bekasi, Jawa Barat, polisi akan memberikan sanksi terberat guna memberikan efek jera.

"Kalau biasanya sanksi yang menjerat pelaku miras ilegal hanya tindak pidana ringan (tipiring) saja, mulai sekarang kita jerat dengan sanksi terberat," kata Kapolretsro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto di Bekasi, Senin, 21 Mei 2018.

Menurut dia, sejumlah pasal yang siap menjerat pelaku pengedar, penjual maupun pemakai miras ilegal di antaranya pasal 204 ayat 2 KUHP yang menyebutkan seseorang yang menjual sesuatu yang sifatnya berbahaya dan menyebabkan kematian akan dihukum penjara hingga 20 tahun.

"Polisi juga akan menambah jeratan pasal yaitu, Undang-Undang Pangan Nomor 18 tahun 2012 dengan sanksi maksimal 15 tahun penjara. Ada juga Undang-Undang perlindungan konsumen. Dengan begitu diharapkan mereka jera," katanya.

Baca juga: Ribuan Botol Miras dan Obat Terlarang Disita dari Tiga Lokasi

Indarto mengatakan, tidak ada toleransi sedikitpun terhadap perlaku penyalahgunaan miras di wilayah hukum setempat, baik penjual maupun peminumnya yang meresahkan masyarakat.

"Kita akan tangkap semua, tidak peduli hanya nongkrong, tapi kalau mulutnya bau miras, kita angkut," katanya.

Menurut Indarto, miras merupakan salah satu akar dari beragam jenis kejahatan, sehingga polisi tidak memberi sedikitpun toleransi kepada penyalahgunaan produk tersebut.

"Pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, tawuran dan sebagainya itu, semua asal mulanya adalah miras," ujarnya.

Baca juga: 34 Tewas Akibat Miras di Cicalengka, Kadinkes Kab Bandung: Ini Kejadian Luar Biasa

Indarto mengajak warga setempat untuk proaktif melaporkan produsen maupun penjual miras ilegal untuk segera ditandaklanjuti pihaknya.

"Bentuk bantuan masyarakat kepada kami bisa dalam dua hal, pertama laporkan ke kami apabila menemui tempat penjualan miras. Kedua jangan sentuh mereka. Biarkan kami saja yang menindak," katanya.

Sebab apabila ada tindakan dari masyarakat secara langsung, kata dia, maka berpotensi terjadi pelanggaran hukum.

Indarto menambahkan, sejak Januari hingga April 2018, Polres Metro Bekasi Kota telah berhasil mengungkap tindak pidana narkoba sebanyak 13 kasus serta mengamankan 9.000 botol berbagai merek dan 400 miras oplosan. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More