Forgot Password Register

Pantau Sorot: Bukti Perang Suriah bak Pembantaian Nazi

Pantau Sorot: Bukti Perang Suriah bak Pembantaian Nazi Serangan di Suriah. (Foto: Reuters/Alaa al-Faqir)

Pantau.com - Bukti kejahatan perang sering sulit ditemukan. Ia hancur dalam konflik, atau memang tidak ada catatan yang tersimpan. Namun jaksa penuntut kejahatan perang, Stephen Rapp, mengatakan bahwa bukti kejahatan perang di Suriah adalah yang terkuat sejak kejahatan perang Nazi dalam Perang Dunia II.

Dan ia berpikir bahwa penuntutan terhadap pejabat tertinggi rezim Suriah, termasuk Presiden Bashar al-Assad, tak bisa dihindari.

Baca juga: Cerita Seorang Ibu: Anak Saya Dibunuh Teroris Daesh Lantaran Belajar Teknologi

Rapp mengatakan, kelompok yang dipimpinnya, Komisi untuk Keadilan dan Akuntabilitas Internasional (CIJA), bekerja dengan warga Suriah di dalam negeri dan telah mampu mengakses lebih dari 750.000 halaman dokumen rezim di sana.

"Ini adalah bukti kuat yang belum kami miliki sejak Nuremberg, ketika Nazi dituntut. Mereka [memiliki] komite keamanan, komite populer, pusat komando krisis nasional, ada sejumlah besar informasi," jelas Rapp, yang dilansir dari ABC News, Selasa (4/12/2018).

Data yang dikumpulkan tentang kekejaman lebih komprehensif daripada yang dilihatnya dari era pasca-perang, termasuk kejahatan di Rwanda dan Liberia.

Kondisi Suriah. (Foto: Reuters/Omar Sanadiki)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More