Forgot Password Register

Headlines

Sah! Indonesia Kuasai 51 Persen Saham Freeport

Penandatanganan Pokok-pokok Kesepakatan Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika) Penandatanganan Pokok-pokok Kesepakatan Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Pemerintah resmi melakukan perjanjian Penandatanganan Pokok-pokok Kesepakatan Divestasi Saham PT Freeport Indonesia di Kementerian Keuangan, Jl. Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin, dan dari PT Freeport Indonesia dihadiri langsung oleh Presiden Direktur McMoran Richard Arkerson.

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya , Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, hadir pula Eksekutif Direktur Freeport Tony Wenasa.

Baca juga: Disinggung Soal Freeport, Jokowi: Jangan Dipikir Mudah Negosiasi

"Pada hari ini tanggal 12 Juli 2018, hari kamis baru saja dilakukan HoA antara Inalum dengan Freeport McMoran (FCX) dan Freeport Indonesia, Rio Tinto. HoA ini merupakan suatu langkah maju dan strategis untuk mewujudkan kesepakatan RI dan PT. Freeport Indonesia dan Freeport McMoran pada 27 Agustus 2017 lalu," kata Sri Mulyani saat jumpa pers di Gedung Juanda I, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

"Divestasi saham 51 persen untuk kepemilikan nasional Indonesia," imbuhnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno menambahkan melalui proses penunjukkan PT Inalum sudah berlangsung sejak 2 tahun lalu. Ia berharap melalui penguasaan saham mayoritas PT Freeport Indonesia. 

"Jadi memang melalui pengusaan mayoritas di inalum ini, dan holding pertambangan. Pemeirntah berharap PTFI bisa mengelola sebaik baiknya, juga bisa bermanfaat dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Memang pemerintah sudah menunjuk Inalum sudah dari 2 tahun lebih ini. Alhamdulillah sekarang sudah bisa HoA," katanya. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berharap stabilitas Investasi dapat segera selesai Peraturan Pemerintah nya. 

Baca juga: Selain Freeport, Ini Pentingnya Indonesia Bagi Amerika

"Jadi, saya mau nambahin ya. Semoga dalam HoA ini bisa difinalisasi lebih cepat, jadi 51 persen saham lewat inalum bisa jalan. Kedua, soal stabilitas investasi ini harus segera selesai PPnya. Nanti baru kami finalkan IUPK op nya setelah divestasinya tuntas dan stabilitas investasi sudah sepakat," tambahnya.

Kemudian Menteri LHK Siti Nurbaya juga berbarengan dengan kepemilikan saham mayoritas ini diiringi oleh pengelolaan lingkungan yang terus ditingkatkan.

"Saya bersyukur dan selamat atas HoA ini, harapan kita pemerintah dan masyarkat sama, dengan penguasaan saham ini kita mengharapkan pengelolaan lingkungan akan terus ditingkatkan," pungkasnya.



Share :
Komentar :

Terkait

Read More