Forgot Password Register

Sejumlah Negara Harapkan Solusi Hadapi Perang Dagang AS-China

Sejumlah Negara Harapkan Solusi Hadapi Perang Dagang AS-China Sejumlah delegasi mengikuti acara Indonesia Investement Forum 2018 (Foto: Antara/ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa)

Pantau.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia mengharapkan sejumlah pembahasan di Annual Meeting Internasional Monetary Fund World Bank 2018 bisa menemukan arah ekonomi Amerika Serikat. 

"Bagi Indonesia harapan kita ada semacam arah seperti apa normalisasi kebijakan negara maju seperti AS eropa dia akan lakukan normalisasi agar ekonomi domestiknya tumbuh cukup baik. Tetapi, memberikan dampak yang minimal terhadap negara-negara emerging," ungkap Dody di Bali, Selasa (9/10/2018).

Baca juga: Saat yang Lain Kritik, IMF Sebut Ekonomi Indonesia Kokoh

Ia juga melihat beberapa negara lain yang ikut berpartisipasi saat ini memang sengaja mencari solusi atas konflik ekonomi yang sudah berlansung kurang lebih 4 bulan terakhir ini.

Dody juga tidak menampik bahwa beberapa negara dalam situasi saat ini mencari jalan aman. Sehingga terkadang kebijakan yang mereka ambil bisa merugikan negara lainnya. 

"Situasinya memang sulit karena dalam keadaan seperti ini kecenderungan negara akan melihat diri masing-masing, padahal akan ada impact terutama ke negara berkembang," ungkapnya.

Baca juga: BI Pastikan Ekonomi Tetap Stabil dalam Keterlibatan Swasta di Proyek Infrastruktur

Terkait soal dolar yang akan terus melambung, Dody menyakini hal itu akan berlanjut.  

"Super dolar kita melihatnya. Inilah hebatnya super dolar. Dalam kondisi negaranya maju, semua memilih dolar. Dalam kondisi negaranya melemah, orang kemudian lari lari," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More