Forgot Password Register

Siapa François-Henri Pinault yang Donasikan Rp1,5 T untuk Notre-Dame?

Siapa François-Henri Pinault yang Donasikan Rp1,5 T untuk Notre-Dame? Ketua Kering Group François-Henri Pinault. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Salah satu triliuner terkaya di Perancis mendonasikan 100 juta euro untuk proyek renovasi Katedral Notre-Dame usai katedral itu mengalami kebakaran pada Senin petang, 15 April 2019. 

Adalah François-Henri Pinault yang mendonasikannya. Dalam pernyataannya kepada surat kabar Prancis Le Figaro, François-Henri Pinault yang menikah dengan akstris Salma Hayek itu berharap, uang tersebut akan membantu untuk membangun kembali Gereja Notre-Dame.

Pinault merupakan Ketua sekaligus CEO dari Kering Group, yang memiliki merek-merek terkenal, seperti Gucci, Yves Saint Laurent, dan Alexander McQueen. Selain itu, Pinault juga menjabat sebagai Presiden Direktur Artemis, perusahaan induk yang aset keluarga Pinault.

Baca juga: Kebakaran Besar Melanda Katedral Notre-Dame di Paris

Total kekayaan yang dimiliki Pinault dilaporkan mencapai lebih dari 21 miliar euro atau sekitar Rp350 triliun, seperti dilansir SkyNews, Selasa (16/4/2019).

"Tragedi ini menyerang semua orang Perancis dan semua orang yang melekat pada nilai spiritual. Dengan dihadapkan dengan tragedi tersebut, semua orang ingin menghidupkan kembali permata warisan itu secepat mungkin," kata Pinault dalam sebuah pernyataan.

"Saya dan ayah saya telah memutuskan untuk melepaskan dana dari Artemis sejumlah 100 juta euro untuk berpartisipasi dalam upaya yang diperlukan untuk rekonstruksi lengkap Notre-Dame," tambahnya.

Baca juga: 5 Fakta Katedral Notre-Dame yang Terbakar di Paris

Katedral Notre-Dame yang dikenal sebagai Our Lady of Paris, mengalami kebakaran pada Senin petang, 15 April 2019, pukul 18.30 waktu setempat. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam kebakaran besar itu.

Api telah membakar bagian atas dan menara gereja bersejarah yang berdiri sejak abad ke 14. Kebakaran itu membuat luka dalam bagi masyarakat Prancis dan dunia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More