Forgot Password Register

Susul AS, Guatemala Juga Pindahkan Kantor Kedubesnya ke Yerusalem

Susul AS, Guatemala Juga Pindahkan Kantor Kedubesnya ke Yerusalem Peresmian Kedubes Guatemala di Yerusalem. (Foto: Reuters/Ronen Zvulun)

Pantau.com - Guatemala meresmikan kantor Kedubes-nya di Yerusalem pada hari Rabu (16/5/2018). Sebelumnya, langkah tersebut dilakukan oleh Presiden AS Donald Trump dengan memindahkan Kedubesnya.

Mengutip AFPPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Guatemala Jimmy Morales termasuk pejabat yang menghadiri upacara pelantikan kedutaan baru tersebut.

Untuk diketahui, lokasi kedubes baru Guatemala tersebut berdekatan dengan lokasi konflik berdarah demonstran Palestina dengan militer Israel.

Baca juga: Mendadak 'Panas', Korut Ancam AS Usai Batalkan Pertemuan dengan Korsel

Netanyahu pun memuji langkah Guatemala karena telah ikut memindahkan kantor Kedubes-nya ke Yerusalem. Ia melanjutkan, negaranya dapat terus bekerjasama dengan Guatemala.

"Saya berharap dapat menilai bersama Anda cara-cara praktis bahwa kita dapat memajukan persahabatan ini dan aliansi ini," kata Netanyahu.

Baca juga: 

"Tapi hari ini, aku hanya ingin mengatakan betapa senangnya kami memiliki Guatemala."

Sementara itu, Morales menyebut jika peresmian kantor Kedubes-nya sebagai momen transendental bagi generasi mendatang yang akan ingat bahwa negara-negara sahabat mengambil keputusan yang berani demi Israel.

Sejauh ini satu-satunya negara lain dengan rencana segera untuk membuka kedutaan Israel di Yerusalem adalah Paraguay, diharapkan untuk melakukannya sebelum akhir bulan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More