Forgot Password Register

'Tampar' Trump, Presiden Prancis: Lebih Baik Pecat AS dari Pasar Dagang G7

Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters/Christophe Petit Tesson) Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters/Christophe Petit Tesson)

Pantau.com - Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan akan lebih baik Amerika Serikat dikeluarkan dari G7. Menurutnya, Donald Trump akan menerimanya dengan senang hati.

Melansir Russia Today, Jumat (Macron menilai mitra AS karena tidak produktif tarif dan mencegah negara-negara lain dari berurusan dengan Iran.

"Enam negara di G7 tanpa Amerika Serikat, adalah pasar yang lebih besar yang diambil bersama daripada pasar Amerika," kata Macron ketika memberikan keterangan bersama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

"Mungkin presiden Amerika tidak peduli tentang terisolasi hari ini, tetapi kami tidak keberatan menjadi enam, jika perlu. ”

Baca juga: Super Langka! Trump Gelar Iftar Buka Puasa Bersama di Gedung Putih

Komentar-komentar Macron muncul ketika para pemimpin negara-negara G7 bersiap untuk pertemuan puncak perdagangan di Kanada, yang diperkirakan para analis akan berubah menjadi konfrontasi pada kesepakatan perdagangan.

Hal itu juga berakar dari desakan Trump yang mengatakan jika AS memiliki kesepakatan perdagangan terburuk yang pernah dibuat.

Pemimpin Prancis juga mengecam keputusan Trump untuk memberlakukan tarif impor untuk baja dan aluminium dari Eropa, Kanada dan Meksiko.

“Saya ingin mengatakan Tuan Trump bahwa tindakan yang diambil itu kontraproduktif. Kami tidak dapat terlibat dalam perang dagang melawan teman-teman,” katanya saat mencap langkah AS sebagai keputusan sepihak dan ilegal.

Baca juga: Celetukan Kanselir Jerman Soal KTT G7 Akan Berjalan Sulit dengan Adanya AS

“Perang dagang tidak menyelamatkan siapa pun. Ini akan mulai pertama-tama untuk menyakiti pekerja AS, dan biaya bahan baku akan naik, dan industri akan menjadi kurang kompetitif," Macron memperingatkan.

Macron sebelumnya telah mencoba untuk menyerang nada yang lebih damai dengan Trump dan bahkan dijuluki "Trump whisperer" oleh beberapa di media.

Sekarang, dia melanjutkan dengan mengatakan tidak akan ada "hegemoni dunia" dan bahwa enam negara lain, kecuali AS, mewakili "kekuatan nyata di tingkat internasional" hari ini.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More