Pantau Flash
Kata Mahfud, KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden
Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga
Suasana Memanas, OKI Gelar Pertemuan Luar Biasa Bahas Aksi Paksa Israel
Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK
Rizki/Della ke Final Vietnam Open 2019, Anggia/Pia Terhenti

Ternyata Mengepalkan Tangan Bisa Membuat Emosi Seseorang Lebih Terkontrol

Ternyata Mengepalkan Tangan Bisa Membuat Emosi Seseorang Lebih Terkontrol Ilustrasi Mengepalkan Tangan. (Foto: iStock)

Pantau.com - Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di "Journal of Consumer Research" menyatakan, mengepalkan tangan selama beberapa saat bisa meningkatkan kontrol diri dan tekad seseorang saat mengalami masa tidak menyenangkan seperti sedang berduka.

Orang yang menghadapi keadaan tidak menyenangkan seperti sedang sakit atau menerima kabar buruk bisa mengurangi masa-masa menyakitkan ini dengan menegangkan otot mereka.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Iris Huang dari National University of Singapore dan Aparna Labroo dari University of Chicago. Mereka menempatkan sekumpulan relawan melalui serangkaian dilema yang melibatkan penerimaan rasa sakit jangka panjang selama pencapaian jangka panjang.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Turunkan Resiko Darah Tinggi

Aktivitas itu termasuk meletakkan tangan dalam air dingin, minum cairan cuka, menonton program amal dan pantang makanan tidak sehat.

Para penulis menemukan para partisipan yang memperketat otot pada saat menghadapi pergulatan di dalam lebih mampu menahan rasa sakit atau kegelisahan dan menolak makanan yang menggiurkan.

"Para partisipan yang diinstruksikan mengencangkan otot-otot mereka, tanpa memperhatikan otot mana yang mereka kencangkan, tangan, jari, betis atau bisep, saat berusaha mengerahkan pengendalian diri menunjukkan kemampuan lebih besar untuk menahan rasa sakit, mengonsumsi obat-obatan yang tak menyenangkan atau menghadapi makanan menggoda," tulis mereka.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

Saat relawan terlalu lama tegang sebelumnya mereka merasa lelah saat mereka harus membuat pilihan.

Pengaruhnya juga bergantung pada pilihan yang selaras dengan tujuan para partisipan. Jadi para partisipan minum cuka yang tak menyenangkan lebih banyak bila mereka sudah mengatakan mereka menginginkan gaya hidup lebih sehat.

"Pikiran dan jiwa juga terikat besama secara dekat, hanya mengepalkan otot-otot bisa menghidupkan tekad. Jadi hanya terlibat dalam tindakan-tindakan tubuh, bisa berfungsi sebagai sumber tanpa kesadaran untuk memicu kemauan," demikian kesimpulan para peneliti.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait:



Komentar

  1. Selamat Datang Bersama kami di DUPA88, Situs bola online terpercaya. Cukup 1 user ID saja Anda bisa bermain di semua game di DUPA88com pasaran bola yang di dukung 3 provider sportbook ternama di Indonesia. Ayo dan Buruan Bermain di DUPA88 dengan Modal kecil bisa dapat jutaan rupiah. Bergabung dan Bermain bersama DUPA88 menang berapapun kami bayar langsung. Dan bagi yang kalah Don't worry akan kami ganti dengan BONUS WELCOME CASHBACK 100%. Tak hanya itu guys bonus yang kami berikan DUPA88 juga ada BONUS SPECIAL. - Bonus New Member 20% - Bonus Next Deposit 10% - Bonus Loyality (Hadir) - Bonus Weekly (Rolling & Cashback) - Bonus Refferal 5% per Game dan seumur hidup. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Dupa88 Memberikan Pelayanan cepat & aman.!, Proses DP/WD ( max. 3 menit ) , siap melayani 24 jam Nonstop.! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : 855973465121 | Kode Referal : KELLY88