Forgot Password Register

UKM Boleh Gunakan LPG Bersubsidi, Syaratnya....

UKM Boleh Gunakan LPG Bersubsidi, Syaratnya.... Petugas menata stok gas 3 Kg (Foto:Antara)

Pantau.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengizinkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) menggunakan Liquified Petroleum Gas (LPG) bersubsidi. Namun kebijakan tersebut masih dalam tahap pengkajian.

"(UKM) Bolehkan pengganti minyak tanah. Definisi ini belum selesai juga. Rumah tangga kan juga seperti apa," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto, saat ditemui di Gedung Nusantara I, DPR RI, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Seperti diketahui, pemerintah sedang mengkaji pengunaan Barcode dan Kartu untuk pengendalian LPG bersubsidi. Namun selain dua skema tersebut bisa juga digunakan skema Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Itu belum keputusan, sambil nunggu itu biar bisa kontrol tidak over quota Pertamina sudah launching LPG 3 Kg non subsidi sebab sekarang siapapun bisa beli bisa over padahal untuk gol tertentu kan," ungkapnya.

Baca juga: Harga Minyak Meroket, Penerimaan Hulu Migas Semester I 2018 Lebihi Target

Untuk menunggu skema tersebut diterapkan Pertamina telah uji coba peluncuran LPG 3 Kg non subsidi. Hal tersebut menurutnya digunakan masyarakat menengah keatas yang membutuhkan LPG 3 Kg. 

"Makanya dengan ada LPG 3 Kg non subsidi diharapkan pertumbuhan itu (LPG subsidi), orang miskin kan tidak bertambah. Nah itu dicegah dengan LPG non subsidi. Menengah ke atas pakai itu," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More