Pantau Flash
HOME  ⁄  Ekonomi

Fitur Konsultasi Dekatkan Peserta JKN-KIS dengan Dokter di Tengah Pandemi

Oleh Noor Pratiwi
SHARE   :

Fitur Konsultasi Dekatkan Peserta JKN-KIS dengan Dokter di Tengah Pandemi

Pantau.com - Pengembangan aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta.

Untuk itu, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berusaha untuk meminimalisir penumpukan pasien di fasilitas kesehatan (faskes) dengan menghadirkan layanan konsultasi dokter melalui aplikasi Mobile JKN pada Rabu (23/06).

Sarmila Ningsih (29) merupakan karyawan swasta pada salah satu stasiun radio di Kabupaten Aceh Tenggara. Wanita yang akrab disapa Mila yang saat ini bekerja sebagai penyiar radio menjadi sangat terbantu setelah mendengar adanya salah satu fitur konsultasi dokter pada Mobile JKN.

Baca juga: Dokter Senior Ini Akui Kehadiran JKN-KIS Sangat Membantu Masyarakat

“Sebelumnya, yang saya tahu dari fitur Mobile JKN salah satunya adalah fitur ubah data peserta. Fitur ini membuat lebih mudah karena bisa mengganti faskes tanpa datang ke kantor BPJS Kesehatan. Sekarang saya sudah bisa konsultasi kepada dokter melalui chat dengan fitur baru dari aplikasi Mobile JKN tanpa perlu bertatap muka dengan dokter. Walaupun fitur ini belum pernah saya coba, tentunya akan sangat membantu saya nantinya,” kata Mila, sebagaimana dilansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, Rabu (30/6/2021).

“Adanya fitur baru seperti konsultasi dokter ini, akan membuat masyarakat lebih peduli terhadap kondisi kesehatan mereka, sebab semua bisa diakses hanya melalui handphone tanpa harus keluar rumah,” sambung Mila.

Baca juga: Pastikan Layanan Kesehatan Optimal, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Kunjungi RSUD M Natsir Kota Solok

Mila juga sangat tertarik dengan fitur antrean online yang dapat dilakukan oleh seluruh peserta Program JKN-KIS. Menurutnya inovasi ini menunjukkan perhatian dari BPJS Kesehatan terhadap potensi penularan Covid-19. Dengan adanya inovasi BPJS Kesehatan dan adanya pelayanan tanpa tatap muka, membuat fasilitas atau layanan kesehatan menjadikan fitur dari Mobile JKN sebagai alternatif agar pelayanan tetap dapat dilakukan kepada masyarakat di tengah keterbatasan.

Mila sangat merekomendasikan kepada seluruh karyawan Radio Agara untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, tentunya banyak sekali manfaatnya apalagi pada masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan untuk tidak berkerumunan.

“Terima kasih BPJS Kesehatan, semoga ke depannya terus ada inovasi yang mempermudah peserta JKN-KIS khususnya kami kaum pekerja dalam mengakses layanan kesehatan. Sekarang sudah ada aplikasi Mobile JKN, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara agar dapat memanfaatkan berbagai fitur-fitur pada aplikasi Mobile JKN,” tutup Mila. 

rn
Penulis :
Noor Pratiwi