Pantau Flash
Pemerintah Bantah RUU Cipta Kerja Sejalan dengan Sentralisasi Kekuasaan
Cadangan Minyak Indonesia Hanya 0,2 Persen Dunia, Kalah sama Malaysia
Erick Thohir Tunjuk Putra Papua Jadi Direktur PT Freeport Indonesia
Kelakar Menhub Budi Karya: Virus Korona Takut Nasi Kucing
Rupiah Menguat 33 Poin, Rp 13.660 per Dolar AS

Ini Alasan Pemerintah Tingkatkan Dana Lingkungan Hidup

Ini Alasan Pemerintah Tingkatkan Dana Lingkungan Hidup Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pemerintah telah meningkatkan anggaran dana perubahan iklim terkait lingkungan sejak tahun 2016 dari Rp72,4 triliun menjadi Rp109,7 triliun pada tahun 2018. Hal ini karena pemerintah memiliki target mencapai komitmen penurunan emisi dalam Nationally Determined Contribution (NDC) sebesar 29 persen dengan upaya sendiri, atau 41 persen dengan dukungan internasional. 

Untuk itu, komitmen pemerintah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut diwujudkan melalui besarnya anggaran yang dialokasikan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup.

Baca juga: Sri Mulyani Kenalkan Badan Baru Kelola Uang, Apa Lagi Ini?

Ditambah lagi, pendanaan dari negara maju terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan bertumbuh seiring dengan kebutuhan untuk pendanaan lingkungan di negara berkembang yang sejalan dengan implementasi Paris Agreement. 

"Komitmen kita untuk dapat mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen dengan upaya sendiri dan 41 persen dengan kerjasama internasional tetap bisa dilakukan. Ini merupakan suatu tantangan bagi kita semua, baik di Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah  maupun dunia usaha dan swasta serta para stakeholder lainnya," tegas Sri Mulyani pada peresmian Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) pada Rabu, (9/10/2019) di Jakarta.

Baca juga: Stok Beras Melimpah, Amran: Bulog Saat ini Sewa Gudang di 6 Provinsi

Oleh karena itu, BPDLH diharapkan dapat mengedepankan pengelolaan dana yang akuntabel dengan tata kelola berstandar internasional, sehingga BPDLH dapat menjadi sebuah solusi bagi negara-negara maju untuk memberikan pendanaan. 

Dalam acara peluncuran BPDLH tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan penanaman pohon di Komplek Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: