Pantau Flash
Hasil Survei: Ahok Unggul Atasi Banjir-Macet Ketimbang Anies
Ahsan/Fajar Bawa Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2020
Andre Rosiade Grebek Prostitusi Online, Gerindra: Itu Tidak Salah
5.518 SPBU Akan Dipasang Digital Nozzle
Menko Luhut Beberkan Upaya Indonesia Tekan Defisit Perdagangan

Apa yang Sebabkan Susu Bisa Redakan Rasa Pedas?

Apa yang Sebabkan Susu Bisa Redakan Rasa Pedas? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kamu pernah dengar bahwa minum susu hangat bisa meredakan rasa pedas? Atau justru kamu memang sudah biasa meredakan rasa pedas dengan susu? Tapi benarkah susu memang baik bagi kesehatan untuk meredakan rasa pedas?

Penelitian pernah dilakukan oleh Penn State University di Pensylvania, Amerika Serikat dan menyebut bahwa susu memang berkhasiat menghilangkan rasa pedas yang menempel di lidah. Mengutip dari Medical Daily, penelitian dilakukan percobaan kepada 72 responden.

Para responden diminta untuk mengonsumsi makanan pedas. Selanjutnya, peneliti memberikan beberapa minuman seperti air putih, susu murni, susu skim, soda, hingga sirup sebagai penawar rasa pedas.

Baca juga: Hobi Makan Pedas Ternyata Berisiko Lebih Besar Alami Demensia

Mereka kemudian diminta menceritakan sensasi yang muncul seusai meneguk minuman tersebut. Hasilnya, peneliti menemukan susu murni dan skim merupakan pereda rasa pedas paling ampuh. 

Namun para peneliti sempat tak menduga kalau susu skim juga bisa meredakan rasa pedas. Agaknya kandungan lemak pada susu bukanlah faktor penentu.

Peneliti menyimpulkan jumlah protein di dalam susu menjadi salah satu faktor penghilang rasa pedas membakar di lidah.

Peneliti dari Departement of Food Science University of Massachusetts, Amerika Serikat Alissa Nolden mengatakan kandungan lemak, protein, dan gula membantu mengurangi efek pedas dari zat capsaicin pada cabai. Itulah sebabnya susu cukup ampuh menjadi penawar rasa pedas.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Susu Menurut Ahli Gizi

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam