Pantau Flash
Trump Berharap Seluruh Warga AS Disuntik Vaksin COVID-19 April 2021
Giannis Antetokounmpo MVP NBA 2020, Kalahkan King James dan Harden
Depok Berikan Kelonggaran Terhadap Aktivitas Warga 2 Pekan ke Depan
Rektor IPB Positif COVID-19 Tanpa Tunjukkan Gejala
Tambahan Kasus Harian COVID-19 RI Rekor Lagi, 4.168 Dinyatakan Positif

Ini 5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Makan Semangka

Ini 5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Makan Semangka Semangka (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Selama masa kehamilan, seorang perempuan harus lebih fokus dalam memilih asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, dan buah semangka bisa menjadi pilihan utamanya.

Semangka kaya akan kandungan air, vitamin A, B kompleks dan C, magnesium serta kalium akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan meredakan sembelit.

Baca juga: Ternyata Kulit Semangka Bisa Mengobati Jerawat, Loh...

Selain itu, semangka juga tinggi serat yang akan membuat perempuan hamil kenyang lebih lama. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah semangka bagi perempuan hamil, dilansir Boldsky.

1. Mengontrol mual di pagi hari

Mual di pagi hari banyak dialami oleh perempuan yang sedang hamil. Semangka berfungsi dengan baik untuk menenangkan masalah ini. Ibu hamil bisa langsung mengonsumsinya atau dibuat sebagai jus setelah bangun tidur. Selain bernutrisi, semangka juga memberikan energi.

2. Meredakan mulas dan keasaman

Makan satu porsi semangka dapat memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan dan perut. Dengan sifat pendinginannya, semangka memberikan bantuan instan dari sensasi terbakar di tenggorokan yang disebabkan oleh keasaman dan asam lambung.

3. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Dengan kandungan air lebih dari 90 persen, makan semangka menjaga tubuh tetap terhidrasi. Terutama di hari-hari yang terasa panas, seorang perempuan hamil dapat dengan aman mengudap semangka dalam jumlah sedang di siang hari. Dehidrasi pada kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti timbulnya kontraksi dini yang menyebabkan kelahiran prematur.

4. Mengurangi pembengkakan

Dengan tekanan yang diberikan oleh bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim, aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas selama kehamilan.

Pembatasan aliran darah normal ke kaki ini menyebabkan pembengkakan di kaki dan juga tangan. Pembengkakan atau edema ini merupakan masalah umum selama kehamilan. Semangka secara efektif mengurangi penyumbatan pada otot dan vena, sehingga mencegah edema secara luas.

Baca juga: Konsumsi Biji Semangka Baik untuk Perawatan Kulit

5. Mengurangi kram otot

Perubahan hormon, serta kenaikan berat badan dalam kehamilan, dapat menyebabkan rasa sakit di tulang serta kram otot. Kaya akan mineral seperti magnesium dan kalium, semangka membantu mencegah kram otot selama kehamilan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: