Forgot Password Register

Bahas Persiapan Pemilu, Mendagri-KPU-Bawaslu Gelar Rapat dengan Komisi II DPR

Bahas Persiapan Pemilu, Mendagri-KPU-Bawaslu Gelar Rapat dengan Komisi II DPR Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto:Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama dengan KPU dan Bawaslu menggelar rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI. Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut dalam rapat nanti akan membahas terkait persiapan Pemilu 2019 dan terkait masalah KTP elektronik.

"Sebagaimana undangan komisi II akan dipertemukan kami dengan KPU dengan bawaslu menyambut kesiapan pemerintah termasuk pemerintah daerah untuk menyukseskan konsolidasi pileg dan pilpres," ujar Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Baca juga: Rapat Paripurna DPR Sepi (Lagi), Apa Kabar Prolegnas?

Menurutnya, nanti akan dilihat jika masih ditemukan kendala. Maka akan langsung dibenahi dan dikoordinasikan dalam rapat dengar pemdapat bersama komisi II kali ini.

Sementara terkait e-KTP, Tjahjo menyebut memang saat ini menurutnya terkait data e-KTP pihak kemendagri sudah menyerahkan kepada pihak KPU dan Bawaslu untuk menjadikan data tersebut menjadi DPT untuk Pemilu 2019.

"Kemendagri sudah menyerahkan data lengkap kepada KPU dan bawaslu lengkap nah kemudian KPU yang punya hak untuk menyusun DPT kemudian pak dirjen dukcapil dan tim merapat kalo memang diperlukan bantuan untuk akuratnya data," tuturnya.

Baca juga: Hakim PN Jaksel Terjaring OTT KPK, Komisi III DPR Soroti Kinerja MA 

Lebih lanjut, Tjahjo mengungkapkan, masyarakat di Indonesia yang terdata mempunyai atau menggunakan e-ktp sudah mencapai 97 persen. Pihaknya pun meminta kepada masyarakat yang belum menggunakan e-ktp atau berktp ganda harus segera mendaftar.

"Tapi secara detail pemerintah sudah jemput bola dimana mana secara maksimal hampir secara keseluruhan di semua daerah sudah di atas 95 persen kecuali Papua ya dan Papua barat. Kecuali Papua yg masih 70 persen," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More