Forgot Password Register

Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Quality Time Bersama Anak Menurut Psikolog

Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Quality Time Bersama Anak Menurut Psikolog Psikolog Elizabeth Santosa. (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Banyak orangtua cukup kebingungan untuk menemani anak bermain, pada akhirnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan akan memilih pergi ke mall.

Baca juga: Fenomena Pernikahan Dini Semakin Meningkat, Hak Anak Kian Terampas

Padahal menurut psikolog Elizabeth Santosa dalam acara Workshop Lactogrow di Kebayoran Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018), menjelaskan setidaknya ada empat langkah mudah bagi orangtua dalam berkegiatan bersama anak.

1. Fokus pada waktu bersama

Mulai hilangkan kebiasaan mengiming-imingi anak dengan mainan baru, karena pada dasarnya yang penting bukanlah aktivitas bermain tapi keberadaan orang tua

"Yang penting ada orang tuanya. Anak butuh ikatan emosi. Yang diingat dari masa kecil, saat kebersamaan, bahagia," jelas Elizabeth

2. Tak ada pengalih perhatian

Masa kini handphone salah satu ancaman terbesar yang menggangu jalannya komunikasi interpersonal atau komunikasi langsung bersama anak. Jadi, pastikan fokus kepada si anak.

3. Melakukannya komunikasi eye to eye

Biasakan bertatapan dengan anak, karena disana orangtua dengan mudah menunjukkan rasa sayangnya hanya dari sebuah tatapan. Usahakan timbulkan kekaguman pada anak.

Baca juga: 5 Cara Nirina Zubir Beri Penjelasan Soal Menstruasi Kepada Anak

4. Buat anak merasa paling penting

Kenangan masa kecil anak akan sangat bermakna hingga nanti si anak dewasa, dia tidak akan melupakan kenangan dimana dia menjadi orang terpenting bagi orang yang menyayangi dan disayanginya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More