Forgot Password Register

Melapisi Toilet Duduk dengan Tisu Apakah Efektif Bebas dari Bakteri dan Kuman?

Melapisi Toilet Duduk dengan Tisu Apakah Efektif Bebas dari Bakteri dan Kuman? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mungkin kamu salah satu orang yang sering melapisi toilet dengan tisu saat akan menggunakannya. Kamu berharap tisu bisa dengan ampuh menghindarkan bakteri dan kuman yang menempel pada toilet.

Namun apakah melapisi toilet dengan tisu itu merupakan cara yang efektif? Menurut Ahli mikrobiologi klinis dari UKRIDA, Dr. Wani Gunardi, SpMK mengatakan bahwa tisu kering atau pun tisu basah tidak terlalu memberi pengaruh terhadap kebersihan toilet.

Baca juga: Mitos atau Fakta Daging Kambing Tingkatkan Tensi Darah?

"Kalau ada alkohol atau tisu basah tidak masalah. Tetapi jika hanya tisu basah tidak cukup berpengaruh," jelasnya seperti dikutip dari Antara.

Wani menganjurkan sebaiknya saat menggunakan toilet tidak terlalu menempelkan kulit pada dudukannya jika memang tidak tersedia tisu basah dan alkohol. Namun bukan berarti harus berjongkok diatas toilet duduk karena hal itu akan berbahaya.

Baca juga: Ada Es Krim Rasa Acar Mentimun, Tertarik Coba?

Wani mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan toilet jongkok lebih aman dan bebas kuman. Resiko terpapar kuman dan bakteri bisa terjadi terutama saat menyiram akibat cipratan air yang mengenai kulit.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More