Forgot Password Register

Mendag Sebut Ritel Tumbuh Bergairah Jelang Hari Belanja Diskon Indonesia

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dinilai merupakan salah satu strategi penjualan. Ia menilai dari sisi perdagangan kegiatan tersebut dinilai positif. 

Lebih lanjut ia menambahkan, terjadi peningkatan penjualan retail sejak Maret hingga Mei lalu sehingga daya beli masyarakat saat ini dinilainya cukup baik.

"Yang menarik adalah saya dapat laporan, bahwa bulan Maret April Mei penjualannya meningkat, penjualan retailnya meningkat diatas 10-15 persen ada yang mereka meningkat, jadi tidak ada sama sekali ada pelemahan dari daya beli masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Gubernur BI Pertanyakan Langkah Perbankan Naikkan Bunga Kredit

Ia meyakini bahwa pertunbuhan ini akan tersedia berlanjut hingga pelaksanaan HBDI Agustus mendatang. Hal ini juga didukung oleh beragam tawaran menarik yang telah disiapkan.

"Ini masih akan berlanjut sampai juli kemudian nanti ini akan berlanjut lagi dengan agustus mereka akan ada diskon 73% ini," katanya.

Seperti diketahui, pesta belanja diskon yang digelar Agustus 2018 menjadi bagian perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 Agustus mendatang. Selain itu, HBDI 2018 akan turut menyemarakkan penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang berpusat di Jakarta dan Palembang.

Baca juga: Analis: Depresiasi Rupiah Didominasi Faktor Domestik

Adapun promosi yang ditawarkan bertema 73 sesuai dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73, mulai dari potongan harga sampai dengan 73 persen, harga khusus Rp73,000, penawaran harga spesial untuk warga masyarakat berusia 73, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kegiatan HBDI 2018 juga akan dimeriahkan dengan program-program yang interaktif dan menarik bagi masyarakat, antara lain Guyub Festival yang akan menjadi warna kehadiran api energi Asia pada rangkain Asian Games ke-18, sekaligus menjadi atraksi pembuka pesta olah raga tersebut. 

Festival ini melibatkan 34 Provinsi di Sumatera, 17 Kabupaten Kota di Sumatera Selatan, 80 Komunitas di Sumatera Selatan, serta Paguyuban Sumatera Selatan, Betawi, Jawa, Sunda, Batak dan Bali yang ada di Sumatera Selatan. Selain bertujuan untuk mempromosikan Sumatera Selatan sebagai destinasi wisata, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam ekonomi kerakyatan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More