Forgot Password Register

Pemerintah Siapkan Rumah DP 0 Persen untuk ASN, Polri, dan TNI, Ini Kata Fahri Hamzah

Pemerintah Siapkan Rumah DP 0 Persen untuk ASN, Polri, dan TNI, Ini Kata Fahri Hamzah Fahri Hamzah (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah turut menyoroti soal langkah pemerintah yang telah mematangkan skema pembiayaan rumah yang layak dengan down payment (DP) 0 persen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan juga Polri.

Fahri menilai, pemerintah tidak harus melakukan rencana tersebut dalam waktu dekat ini. Menurutnya, pemerintah harus lebih memprioritaskan untuk bagaimana memperhatikan kondisi korban bencana yang dinilainya masih memprihatinkan.

"Mendingan alihkan dulu untuk korban bencana. Itu lagi kedinginan. Kasihan di NTB, sekarang sudah musim hujan, sekarang (mereka) masih tidur di tenda dan tendanya pun kena banjir," kata Fahri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (9/11/2018).

Baca juga: Pantau Sorot: Efektifkah Manuver Prabowo-Sandi Raih Simpati 'Emak-emak' di Pilpres 2019?

Fahri menuturkan, pemerintah bisa saja mengalokasikan dana tersebut untuk para korban bencana yang rumahnya hancur karena terkena dampak dari bencana alam. Menurutnya, hal itu lebih penting agar para korban bencana mendapatkan tempat yang layak dan nyaman. 

"Itu segera aja cepat kalau ada uangnya bangunlah rumah untuk warga. Mau rusun kek mau apa, yang jelas biar orang punya rumah. Ini kan sekarang belum," ungkapnya.

Untuk itu, ia pun menawarkan opsi lain kepada Jokowi, menurutnya lebih baik program DP 0 persen yang diberikan kepada ASN, TNI, dan Polri itu menjadi salah satu paket janji kampanye Jokowi dalam Pilpres 2019. Sementara, untuk saat ini diprioritaskan terlebih dahulu untuk bantuan sosial. 

"Kalau usul saya ya, itu masukin aja dalam paket janji kampanye berikutnya. Enggak usah sekarang. Sekarang uangnya dipakai untuk korban bencana. Itu yang lebih besar pahalanya," pungkas Fahri.

Baca juga: Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Jelaskan Arti 'Politik Genderuwo'

Sebelumnya, pemerintah pusat berencana menyediakan rumah layak huni bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri yang belum memilikinya.

Rencananya, pemerintah hanya menyiapkan skema pembiayaan down payment (DP) 0 persen bagi ASN, TNI dan Polri yang ingin memiliki rumah layak huni tersebut.

"Skema khususnya very clear. Kalau ini program pemerintah, DP bisa kita kasih 0 persen," ujar Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More