Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Pilih Olahraga Pagi Atau Malam? Manfaatnya Berbeda Loh

Pilih Olahraga Pagi Atau Malam? Manfaatnya Berbeda Loh Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, menurunkan atau juga mempertahankan berat badan. 


Olahraga bisa dilakukan pagi, sore, atau bahkan malam hari. Tapi tahu kah kamu, hal itu bukan sekadar perbedaan waktu berolahraga. 


Penelitian menunjukan bahwa berolahraga pada pagi hari memiliki manfaat yang berbeda dari olahraga saat sore atau malam hari. 


Mengutip dari South China Morning Post, peneliti Gad Asher dari Weizmann Institute of Science mengatakan bahwa olahraga di pagi hari bermanfaat untuk menurunkan atau menjaga berat badan. 


Itu disebabkan karena aktivitas fisik di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme gula dan lemak sehingga bisa mengontrol berat badan.


Hasil penelitian yang telah teruji pada tikus dan manusia ini menunjukkan, aktivitas fisik di pagi hari dapat mengaktifkan gen tertentu dalam sel otot. Alhasil, kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme atau memproses pembakaran gula dan lemak menjadi lebih baik.


Baca juga: Lapar Usaib Olahraga Lari Coba Konsumsi 5 Makanan Ini


Manfaat lain yang juga akan dirasakan dari olahraga pagi ialah meningkatnya kewaspadaan dan fungsi kognitif.


Sementara itu, olahraga saat sore atau malam hari bermanfaat untuk meningkatkan performa atau membangun masa otot.


"Kinerja fisik manusia lebih baik di malam hari karena tubuh menggunakan lebih sedikit oksigen atau lebih sedikit energi," kata Asher. 



Asher mencontohkan ketika seseorang berlari di pagi hari, maka akan lebih cepat kelelahan ketimbang saat berlari di malam hari. Itu sebabnya, atlet profesional lebih banyak berolahraga di sore atau malam hari untuk memaksimalkan performa.


Meski begitu, ada yang perlu dicermat dalam mengatur waktu olahraga malam. Olahraga sebaiknya dilakukan 2 jam sebelum tidur. 


Karena olahraga malam dapat memberi energi lebih bagi tubuh dan meningkatkan kewaspadaan, sehingga berpotensi mengganggu tidur.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: