Forgot Password Register

Putin-Kim Jong Un Siap Bertatap Muka pada Akhir April, Bahas Apa?

Putin-Kim Jong Un Siap Bertatap Muka pada Akhir April, Bahas Apa? Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pada akhir Maret, media Korea Selatan melaporkan bahwa Kim Chang Son, kepala staf de facto untuk pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, akan mengunjungi Moskow guna mendiskusikan kunjungan Kim ke Rusia.

Menurut kantor berita Yonhap, pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan berlangsung pada 24 April di wilayah bagian timur Rusia, seperti dilansir Sputnik, Senin (15/4/2019).

Ajudan Presiden Rusia Yury Ushakov, berbicara dalam pertemuan antara pemimpin Rusia dan Korea Utara mengatakan, pihak Rusia telah membuat proposal khusus dan tengah membicarakan terkait dengan pertemuan kedua pemimpin itu.

Baca juga: Kim Jong-un Siap Bertemu dengan Trump di KTT ke-3, Asal...

Presiden Rusia Putin mengucapkan selamat kepada Kim pada pekan lalu, terkait kembali terpilih sebagai kepala komisi urusan negara Korea Utara dan menegaskan kesiapannya untuk bekerja sama dalam menekan masalah regional.

"Kepada Kim Jong Un, dengan tulus saya ucapkan selamat atas terpilih kembali sebagai Ketua Komisi Urusan Negara DPRK (Demokratik Rakyat Republik Korea). Saya yakin bahwa posisi anda terus memberikan kontribusi untuk pengembangan negara, hubungan baik kepada tetangga negara, dan memperkuat perdamaian di Semenanjung Korea," kata Putin dalam sebuah pernyataan dalam situs resmi Kremlin.

Putin juga menegaskan komitmennya untuk bekerja sama pada isu yang mendesak dari agenda bilateral dan regional.

Baca juga: Putin: Kami Siap Bekerjasama dengan Presiden Terpilih AS pada 2020

Menteri Dalam Negeri Rusia Vladimir Kolokoltsev mengatakan pada awal april, bahwa pertemuan dengan Menteri Keamanan Rakyat Korea Utara Choe Pu II bermaskud untuk mempromosikan kerjasama dengan Korea Utara di berbagai wilayah yang tidak terpengaruh sanksi internasional.

Situsi di Semenanjung Korea, sejak 1953 telah lama membagi kedua negara dengan sistem politik yang berbeda. Di tahun 2018, situasi di Semenanjang Korea membaik, dengan Kim dan Moon Jae-in mengadakan beberapa pertemuan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More