Forgot Password Register

Headlines

Rupiah Nyaris Rp15.300, Sri Mulyani akan Sowan ke DPR Bahas Asumsi Rupiah di RAPBN 2019

Rupiah Nyaris Rp15.300, Sri Mulyani akan Sowan ke DPR Bahas Asumsi Rupiah di RAPBN 2019 Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (Foto: Pantau.com/Nani Suherni)

Pantau.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan akan membahas ulang tentang asumsi nilai tukar rupiah dalam Ranncangan Anggaran Pendapatan dan Belanda Negara (RAPBN) 2019. 

Pasalnya saat ini, nilai tukar rupiah nyaris mencapai Rp15.300 per dolar AS. 

"Nah kami masih akan membahas dengan DPR," ujar Sri Mulyani di Nusa Dua Bali, Senin (8/10/2018).

Perlu diketahui asumsi rupiah di RAPBN 2019 berkisar Rp14.500 nilai ini tentunya jauh dari nilai tukar rupiah dalam kurun waktu dua bulan ini.

Baca juga: Anggaran IMF-WB 'Disunat' Hingga Rp200 Miliar

Ia juga mengatakan, sejauh ini suku bunga The Fed yang naik menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pelemahan rupiah. Bahkan melihat kenaikan suku bunga ini akan terus berlanjut.

"Iya kan kalau kita lihat AS menyapaikan sendiri kenaikan suku bunga mereka masih akan satu kali lagi naik. Ditambah tahun depan akan naik 2 hingga 3 itu berarti kenaikannya sudah bisa kita prediksi," ungkapnya.

Baca juga: Habiskan Rp810,17 Miliar, Benarkah Agenda IMF-WB Bali Super Mewah?

Lebih lanjut, Sri Mulyani memastikan bahwa baik Bank Indonesia dan pemerintah terus melakukan upaya untuk menekan pelemahan rupiah.  Apakah ada rencana menaikan suku bunga acuan BI, Sri Mulyani menyerahkan keputusan itu kepada BI.

"BI dan kami akan melakukan policy mix yang ada di domainnya di bank indonesia, dalam hal ini mengelola nilai tukar, makro prudensial, dan dari sisi dari mereka melakukan intevensi. Dan kami di pemerintahan melakukan mix dengan apa yang sudah dilakukan dimoneter gitu ya," tambahnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More