Forgot Password Register

Headlines

Sah Kuasai 51 Persen Saham Freeport, Ini Untungnya Bagi Indonesia

Sah Kuasai 51 Persen Saham Freeport, Ini Untungnya Bagi Indonesia Kegiatan operasional di PT Freeport Indonesia (Foto:Freeport)

Pantau.com - Kepemilikan PT Inalum di PT Freeport Indonesia setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51 persen dari semula 9,36 persen. 

Pokok-pokok perjanjian ini selaras dengan kesepakatan pada tanggal 12 Januari 2018 antara Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Mimika. Dalam perjanjian itu disebutkan, Pemerintah Daerah akan mendapatkan saham sebesar 10% dari kepemilikan saham PTFI. 

Setelah berhasil menguasai 51% saham Freeport, lalu apa untungnya bagi Indonesia? berikut Pantau.com rangkum beberapa keuntungan Indonesia setelah kuasai freeport.

Baca juga: Sah! Indonesia Kuasai 51 Persen Saham Freeport

1. Kontrol Sumber Daya Mineral

Kepemilikan saham hingga 51% akan membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki kontrol atas sumber daya alam. Dengan demikian, pemerintah bisa memanfaatkan sebesar-besarnya kekayaan alam tersebut untuk kemakmuran rakyat.

2. Kemakmuran daerah Papua

Pemerintah Daerah akan mendapatkan saham sebesar 10% dari kepemilikan saham PTFI. Nantinya pemerintah pusat akan menggelontorkan uang tersebut untuk kepentingan pendidikan, pertanian, peternakan, dan kegiatan produktif lainnya. Sehingga dengan demikian pembangunan dan sumber daya manusia di Papua bisa meningkat seperti daerah-daerah maju lainnya di Indonesia.

Baca juga: Dirut Inalum: Freeport Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi

3. Sanksi hukum untuk Freeport

Puluhan tahun Freeport mengeruk SDM Indonesia. Beberapa kali, Freeport juga melanggar divestasi. Dengan adanya kontrak ini, maka saham sebesar 51% menujukkan Indonesia sudah tegas dalam menegakkan hukumnya.

4. Meningkatkan pendapatan negara

Jika divestasi saham 51% kepada pemerintah telah disepakati, pemerintah telah menyiapkan holding BUMN tambang yang terdiri dari PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) untuk membeli saham PT Freeport Indonesia. Dengan begitu nanti akan ada uang ratusan bahkan ribuan triliunan yang bisa digunakan pemerintah Indonesia untuk memajukan kekuatan ekonominya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More