Forgot Password Register

Selamat... dari BBM hingga Lampu Surya Mulai Merata di Indonesia

Selamat... dari BBM hingga Lampu Surya Mulai Merata di Indonesia Mobil dispenser BBM (Foto: Antara)

Pantau.com - Makin banyak warga Indonesia saat ini mulai menikmati Bahan Bakar Minyak (BBM) harga murah. Pasalnya dulu banyak warga di luar Pulau Jawa harus merogoh kocek lebih dari 3 kali lipat untuk beli BBM. 

Memastikan penyaluran BBM satu harga berjalan lancar, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Nias, Sumatera Utara, Kamis (6/12), untuk meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Penyalur BBM Satu Harga, Pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan pembagian paket Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 Kg.

Baca juga: Bisnis (Nyaris) Bangkrut, Marvel Diselamatkan 'Superheronya'

Secara nasional, dari tahun 2017 hingga tahun 2019 akan dibangun 160 Penyalur BBM Satu harga. Pada tahun 2017 telah terbangun 57 Penyalur BBM Satu Harga. Sementara tahun 2018 ini target Penyalur BBM Satu Harga adalah sebanyak 73 penyalur, serta untuk tahun 2019, ditargetkan 30 Penyalur BBM Satu Harga beroperasi.

"Target pemerintah total 160 titik yang harus diadakan sejak tahun lalu sampai hari ini saya kira 122 sudah selesai, mungkin masih ada 8 bukan di Pertamina tapi di operator yang lain. Tahun depan ditambah lagi 30 mudah-mudahan ini ditambah dengan baik," terang Jonan.

Khusus untuk Pulau Nias sendiri, tahun 2017 telah terbangun sebanyak 2 (dua) Penyalur BBM 1 Harga di Kecamatan Pulau Batu Kab. Nias Selatan dan Kec. Lahomi Kab. Nias Barat. Sedang pada tahun 2018, telah terbangun 4 (empat) penyalur BBM 1 harga yang tersebar di Kec. Gido Kab. Nias Induk; Kec. Bawolato Kab. Nias Induk; serta 2 penyalur yang diresmikan pada hari ini di Kec. Sitolu Ori Kab Nias Utara; dan Kec. Hibala Kab. Nias Selatan.

Baca juga: Suku Bunga Naik, Beli Rumah Makin Susah?

Untuk mengakselerasi Program BBM 1 (satu) Harga, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan secara Nasional.

Tak hanya BBM, Kementerian ESDM juga melakukan pembagian Lampu tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bagi pedesaan yang terisolir dan sulit dijangkau oleh jaringan PLN. Jumlah unit yang akan dipasang di pulau Nias sebanyak 1.360 unit, yang tersebar di 21 Desa, di 5 Kabupaten.

Total untuk tahun 2018, program LTSHE akan dilaksanakan di 16 Provinsi, dengan jumlah LTSHE sebanyak 173 ribu unit dan jumlah anggaran sebesar Rp600 miliar.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More