Pantau Flash
Erick Thohir: Pemerintah Berupaya Tingkatkan Produksi Vaksin COVID-19
Biaya Suntik Vaksin COVID-19 Akan Ditanggung Pemerintah
Kemendikbud Terbitkan Kepmen 719/P/2020 Tentang Kurikulum Darurat
Dishub DKI Sebut Ganjil Genap Bisa Berlaku Seharian Tanpa Skema Waktu
Pemerintah Izinkan Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning dan Hijau COVID-19

Saham China 'Rebound' Terangkat, Indikator Ekonomi Positif

Saham China 'Rebound' Terangkat, Indikator Ekonomi Positif Seorang investor melihat papan elektronik yang menampilkan informasi saham di Nanjing, provinsi Jiangsu, China. (ANTARA/REUTERS/Stringer)

Pantau.com - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Jumat (31/7/2020), rebound dari kerugian sehari sebelumnya, setelah rilis indikator terbaru yang menunjukkan pemulihan ekonomi lebih lanjut menambah kepercayaan bagi investor.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai naik 0,71 persen menjadi ditutup pada 3.310,01 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen di bursa kedua China berakhir 1,27 persen lebih tinggi pada 13.637,88 poin.

Baca juga: IHSG Menghijau Terbawa Bursa Saham Regional


Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut meningkat menjadi hampir 1,15 triliun yuan (sekitar 164,6 miliar dolar AS) dari 1,09 triliun yuan (sekitar 156 miliar dolar AS), pada perdagangan hari sebelumnya.

Kenaikan terjadi setelah rilis indeks manajer pembelian (PMI), salah satu indikator ekonomi yang diawasi ketat yang mengukur kegiatan sektor manufaktur dan jasa-jasa.

PMI untuk sektor manufaktur China naik menjadi 51,1 pada Juli dari 50,9 pada Juni, bulan kelima berturut-turut tetap di wilayah ekspansi, Biro Statistik Nasional mengatakan.

PMI untuk sektor non-manufaktur China juga tetap di atas garis 50 untuk berdiri di 54,2 pada Juli, menunjukkan pemulihan berkelanjutan di sektor jasa-jasa.

Baca juga: Seiring Koreksi Bursa Asia, IHSG Melemah


Perusahaan-perusahaan terkait industri pariwisata berada di antara pencetak keuntungan terbesar dengan saham Tibet Tourism Co, Ltd melonjak pada batas harian 10 persen.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, bertambah 1,89 persen menjadi ditutup pada 2.795,4 poin.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: