PM Anwar Ibrahim: Presiden Jokowi Kepala Negara Pertama yang Ucapkan Selamat kepada Saya

Headline
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. (Instagram)Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. (Instagram)

Pantau – Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menegaskan bahwa Indonesia merupakan sahabat sejati Malaysia, dan hubungan kedua negara di berbagai bidang mulai dari perdagangan hingga budaya dan tenaga kerja dapat semakin ditingkatkan.

“Saya tegaskan Indonesia merupakan sahabat sejati Malaysia dan saya mengharapkan hubungan dagang dan bisnis, investasi, budaya dan isu pekerja dapat ditingkatkan. Persahabatan kedua-duanya harus diperkokoh,” kata Anwar melalui akun Instagramnya, Kamis (24/11/2022).

Anwar mengunggah video saat menerima telepon dari Presiden Jokowi. Dia pun menggunakan pengeras suara, sehingga terdengar Jokowi mengucapkan selamat kepada Anwar Ibrahim.

“Pemerintah bersama seluruh rakyat Indonesia mengucapkan selamat atas terpiilhnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri Malaysia,” ucap Jokowi dalam sambungan telepon.

Baca juga: 20 Tahun Penantian Anwar Ibrahim jadi Perdana Menteri Malaysia

Menurut Anwar, Jokowi merupakan kepala negara pertama yang menghubunginya untuk mengucapkan selamat atas pengangkatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia.

“Terima kasih, saya anggap ini suatu kehormatan yang paling awal menelepon. Ini menunjukkan bahwa saya kekal, sahabat sejati Indonesia,” ucap Anwar Ibrahim.

Menurut Presiden Jokowi, PM Anwar Ibrahim adalah sosok yang dikenal luas dan dihormati di Indonesia.

Sementara itu, dalam keterangan persnya di Selangor, Kuala Lumpur, Anwar menyebutkan posisi penting sejumlah negara tetangga untuk dapat meningkatkan perdagangan dan investasi. Upaya yang sama juga dilakukan terhadap Amerika Serikat, Eropa, India dan negara-negara anggota ASEAN sebagai basis di kawasan.

Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al Sultan Abdullah telah menyetujui pengangkatan Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia pada Kamis siang.

Upacara pemberian akta pengangkatan, dan upacara pengucapan sumpah jabatan dan kesetiaan sebagai perdana menteri telah dilaksanakan di Istana Negara pada pukul 17.00 waktu setempat. Anwar Ibrahim terlihat meninggalkan Istana Negara sekitar pukul 18.30.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan