Pantau Flash
Pelaku Pelecehan Seksual saat Rapid Test di Bandara Soetta Jadi Tersangka
Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem hingga 28 September
Positif COVID-19 Betambah 4.071, Total Menjadi 252.923 Kasus
Pendapatan Negara Turun 13,1 Persen, hingga Agustus Capai Rp1.034,1 T

Girls, 7 Warna Darah saat Menstruasi Ini Bisa Ungkap Kesehatanmu Lho

Girls, 7 Warna Darah saat Menstruasi Ini Bisa Ungkap Kesehatanmu Lho Ilustrasi perempuan menstruasi. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Semua perempuan yang telah mencapai masa puber setiap bulannya mengalami menstruasi. Kondisi yang dialami bervariasi dari perempuan ke perempuan dan dari siklus ke siklus. Ini mungkin termasuk kram, pendarahan hebat atau mual. 

Selain itu, warna darah saat menstruasi yang bervariasi ternyata menunjukkan kondisi kesehatan kamu. Misalnya, warna merah muda terang menandakan kadar estrogen yang rendah dan ini bisa menjadi sinyal diagnosis osteoporosis.

Bagaimana dengan warna yang lain? Dilansir dari laman Bright Side, berikut arti warna darah saat menstruasi yang ungkap kondisi kesehatanmu.

Baca juga: Waduh, Ternyata Obesitas Bisa Sebabkan Gangguan Menstruasi

1. Warna merah jambu

Darah berwarna merah jambu muda dapat menandakan kadar estrogen yang rendah. Jika kamu seorang pelari yang rutin, ini juga bisa menjadi alasan bagi darah menstruasi menjadi berwarna terang, karena telah terbukti bahwa berolahraga, terutama berlari, dapat menyebabkan kadar estrogen turun.

Ini sesuatu yang harus diwaspadai karena beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara estrogen rendah dan osteoporosis di kemudian hari.

2. Berair

Berair, hampir tanpa warna atau darah menstruasi merah muda super-terang berarti kamu kekurangan gizi, atau bahkan bisa menderita kanker ovarium. Tetapi jangan terlalu khawatir, kanker saluran tuba menyumbang kurang dari 2 persen dari semua kanker ginekologi.

3. Coklat tua

Coklat tua atau merah tua bisa berarti bahwa beberapa darah lama telah "duduk" di dalam rahim kamu terlalu lama. Tidak ada yang tahu mengapa ini terjadi, tetapi ini dianggap sebagai hal yang normal.

Baca juga: Lupakan Painkiller, 5 Cara Ini Ampuh Kurangi Rasa Sakit saat Menstruasi

4. Tebal dan terlihat seperti selai dengan gumpalan

Pengeluaran darah seperti selai selama periode  dengan gumpalan merah gelap diartikan kamu mungkin memiliki progesteron rendah dan kadar estrogen tinggi. Sebagian besar waktu, itu tidak berarti apa-apa. Namun, jika gumpalan itu berukuran besar dan ada banyak, itu mungkin kamu memiliki ketidakseimbangan hormon. Selain itu, fibroid di rahim bisa menjadi penyebabnya. Kondisi ini seharusnya tidak membuat kamu takut.

5. Campuran abu-abu kemerahan

Darah berwarna campuran abu-abu atau kemerahan dapat berarti dua hal: jika kamu tidak hamil -itu adalah sinyal untuk infeksi STD/IMS, tetapi jika kamu telah melewatkan setidaknya satu dari periode, itu mungkin berarti keguguran dini.

6. Warna merah cranberry

Darah berwarna cranberry selama haid dianggap sehat dan bagus. Tetapi harus dicatat bahwa apa yang normal untuk satu orang mungkin tidak berlaku untuk orang lain. Jadi, menjadwalkan janji bertemu dengan dokter secara teratur adalah ide yang bagus.

7. Warna Oranye

Warna oranye, seperti campuran abu-abu dapat berarti kamu mengalami infeksi. Namun, bau tidak sedap dan rasa sakit yang hebat akan menyertai ini jika infeksi STD/IMS.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: