Forgot Password Register

Anti Padam, PLN Pastikan Selama Pagelaran Asian Games 2018 Aman

Gelora Bung Karno (Foto:Pantau.com/Ferry Heryadi) Gelora Bung Karno (Foto:Pantau.com/Ferry Heryadi)

Pantau.com - PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan telah mengamankan pasokan listrik untuk Asian Games. Kepala Divisi Operasi Regional JBB, Bima Putrajaya mengatakan pihaknya bahkan telah menyiapkan 5 lapis backup khusus untuk seremonial pembukaan dan penutupan Asian Games 18 Juli-9 Agustus 2018 mendatang.

"Perlu saya tambahkan bahwa terkait kemanan (pasokan listrik) khususnya pengamanan yang ada di GBK, yang nanti dilakukan pembukaan dan penutupan seremoni kita sudah backup 5 lapis sampai ke titik venue dimana acara itu berlangsung," ujarnya saat ditemui usai apel siaga Pasukan Piket Asian Games 2018 di Unit Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang, Jakarta Timur, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: Total Investasi PLN untuk Asian Games Capai Rp 5,7 Triliun

Terdapat ada 5 sistem transmisi subsistemnya sehingga, jika subsistem satu hilang tegangannya, subsistem yang lain masuk. Juga disediakan penambahan Ganset dan Uninterruptible Power Supply (UPS)

"Kalau gardu satu hilang gardu satu masuk, terus lagi ditambahkan kita punya ganset, juga punya lagi UPS. UPS kita pasang untuk VVIP 2×500 untuk VIP timur dan 2×500 untuk VIP barat itu untuk tamu-tamu eksekutif, dan untuk tamu-tamu kepresidenan," paparnya.

Selain itu, pihaknya untuk atlet village pihaknya juga sudah menyiapkan backup hingga 3 lapis di sistem itu termasuk genset yang dipasang disana.

"Kita sampaikan disini yang kita siapkan juga support PLN untuk seluruh additional power yang di beberapa tempat dibutuhkan untuk tenda untuk kebutuhan kitchen, dinning, UKM, pengamanan, kegiatan tiketing itu semua disiapkan oleh PLN support itu," ungkapnya.

Baca juga: Panasnya Perang Dagang Picu Kenaikan Harga 1.300 Produk

Pihaknya memastikan pasokan listrik selama Asian Games terjamin. Terutama dengan beberapa backup yang telah disiapkan. Termasuk di Palembang.

"Kalau jaminan gak ada gangguan insya Allah kalau karena penyebabnya internal kita jamin enggak ada gangguan yang disebabkan internal, tetapi yang masih berpotensi terjadinya hal-hal gangguan itu karena akibat eksternal," katanya.

Tapi jangan lupa bahwa sirkuit pemasok Asian Games sudah minus satu jadi kalau satu terganggu maka masih ada satu. Kita harapkan tidak akan mengganggu pelaksanaan Asian Games. 

"Hampir sama di Palembang karena di sana terpusat di Jakabaring sehingga pengamanannya jauh lebih mudah ketimbang di Jakarta yang banyak sekali venue-venue-nya," pungkasnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More