Forgot Password Register

Banyak Kapal Tenggelam, Bamsoet: Pengelola Pelabuhan Harus Dihukum Berat!

Banyak Kapal Tenggelam, Bamsoet: Pengelola Pelabuhan Harus Dihukum Berat! Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Pantau.com / Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk lebih ketat lagi dalam pengawasan di pelabuhan-pelabuhan. Pernyataan Bamsoet itu menanggapi beberapa rentetan peristiwa tenggelamnya di sejumlah daerah.

"Ya ini kita mendorong pada Kemenhub harus lebih ketat lagi dalam pengawasan di pelabuhan-pelabuhan saya lihat ini adalah keteledoran dari hal pengawasan dari mulai manifest (cek), kelebihan beban, lalu kemudian kelayakan kapal itu banyak," ujar Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Baca juga: Tim SAR Kerahkan Tiga Regu Penyelamat Cari Korban KM Lestari Maju

Selain itu, Bamsoet berupaya meminta para penegak hukum masuk untuk menangani masalah tersebut. Menurutnya, kejadian yang merenggut banyak korban jiwa, pengelola pelabuhan yang lalai harus diberikan sanksi yang berat.

"Makanya kita mendorong penegak hukum untuk masuk ke situ dan memberikan sanksi dan hukuman yang seberat-beratnya pada pengelola pelabuhan," cetusnya.

Untuk itu politisi Partai Golkar ini, meminta Komisi V DPR RI untuk segera memanggil mitra terkait untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh. Jangan sampai, kata Bamsoet, kejadian serupa terus terjadi ke depannya.

"Kita mendorong komisi V untuk memanggil mitra terkait atau menteri terkait untuk memberikan penjelasan dan melakukan evaluasi menyeluruh pada pelabuhan-pelabuhan yang ada terutama pelabuhan terpencil atau agak kecil," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More