Pantau Flash
5 WNI Diculik Kelompok Bertopeng di Perairan Malaysia
Pantai Timur Australia Banjir Disertai Badai Petir
Tinggalkan Man United, Ashley Young Resmi Perkuat Inter Milan
Pemerintah Pastikan Omnibus Law Tidak Akan Berdampak Upah Minimum Berkurang
Indonesia Kirim Lima Wakil ke Semifinal Indonesia Master 2020

Para Calon ASN Lulusan PKN STAN, Ini Pesan 'Mendalam' dari Sri Mulyani

Para Calon ASN Lulusan PKN STAN, Ini Pesan 'Mendalam' dari Sri Mulyani Menkeu, Sri Mulyani. (Foto: ANT)

Pantau.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, meminta para lulusan PKN STAN yang telah lolos menjadi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Keuangan untuk turut berkontribusi menjaga keuangan negara.

Hal tersebut disampaikan pada acara orientasi bagi 3.252 orang calon ASN Kemenkeu yang merupakan lulusan dari Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) di lapangan Tennis Indoor Senayan Jakarta, Rabu (11/12/2019).

“Saya titipkan harapan kepada para CPNS baru Kemenkeu, selamat datang. Hari ini Anda semua resmi masuk menjadi keluarga kami,” kata Sri Mulyani.

Baca juga: Kenapa Pertumbuhan Penerimaan Pajak Begitu Berat di 2019?

Sri Mulyani mengatakan para calon ASN Kemenkeu tersebut resmi menjadi penjaga dan pengelola keuangan negara sehingga diwajibkan untuk menanamkan nilai-nilai dasar yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan dalam menjalankan tugas.

“Kita setiap tahun membuat dan menyusun APBN yang itu disampaikan kepada DPR oleh Presiden lalu dibahas dan ditetapkan jadi UU,“ ujarnya.

Ia menegaskan APBN dan keuangan negara bukan merupakan tujuan. Namun sebagai alat negara yang digunakan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan masyarakat Indonesia yang lebih baik dalam segala aspek berkehidupan sehingga harus benar-benar dijaga. “Kalau pergi dan dikasih orang tua motor itu adalah alat untuk menjalankan tugas kalian jadi alat itu harus dijaga kesehatannya, kredibilitasnya, akurasinya dan pertanggungjawabannya,” paparnya.

Ia menuturkan mereka juga akan ditugaskan mengumpulkan penerimaan negara termasuk melalui pajak yang merupakan salah satu tugas berat. Sebab akan berpengaruh pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Ini adalah keluarga Kemenkeu yang mengelola keuangan negara, kita kumpulkan rupiah per rupiah dari WP dan dunia usaha,” katanya.

Baca juga: Belum Adil dan Merata, Menkeu Akan Kaji Ulang Sistem Gaji ASN

Sri Mulyani menjelaskan melalui maksimalnya penerimaan negara melalui pajak serta pengelolaan APBN yang efektif dan efisien maka akan menunjang berbagai program pemerintah dalam rangka meningkatkan pembangunan Indonesia. “Gaji polisi, jalan yang kalian lewati, dosen-dosen PKN STAN, petani di daerah, gedung-gedung di GBK ini semua menggunakan uang negara,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sri Mulyani pun menekankan bahwa dengan adanya keuangan negara yang sehat juga bisa menjadikan para calon ASN Kemenkeu tersebut sebagai warga negara yang setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

“Dalam pembukaan UUD 1945 dicantumkan mengapa Indonesia lahir yaitu bertujuan untuk menciptakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kita berjuang untuk muncul keadilan sosial jadi saya harap kalian semua segera meresapi apa arti masuk Kemenkeu,” tukasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Ekonomi

Berita Terkait: