Pantau Flash
15.126 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Sembuh
Ketua Dewan Positif COVID-19, Gedung DPRD Bogor Disterilisasi
Kebijakan Tarik 'Rem Darurat' Dianggap Berhasil, Anies Perpanjang PSBB
Selama Periode 2016-2020 Tercatat 157 Pegawai KPK Telah Mengundurkan Diri
Presiden Jokowi Sebut Pemerintah Tak Bisa Sendirian Atasi COVID-19

Ahok Meradang Perum Peruri Minta Uang Rp500 Miliar ke Pertamina

Ahok Meradang Perum Peruri Minta Uang Rp500 Miliar ke Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kesal dengan Perum Peruri (Foto: Instagram)

Pantau.com - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengungkapkan kekesalannya kepada Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menyebut Perusahaan Plat merah itu meminta dana sebesar Rp500 miliar kepada Pertamina.

Ahok mengatakan, dirinya tengah mendorong tanda tangan digital atau paperless di Pertamina. Padahal, Pertamina dan Peruri sama-sama perusahaan pelat merah.

"Saya lagi paksakan tanda tangan digital tapi Peruri gendeng juga, masa minta Rp500 miliar untuk proses paperless di kantor Pertamina. itu BUMN juga," ujar Ahok dalam tayangan yang disiarkan melalui akun YouTube POIN, dikutip Pantau.com, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Ahok Minta Kementerian BUMN Dibubarkan dan Kekonyolan Gaji di Pertamina

Dalam video berdurasi 6 menit itu, Ahok merasa kesal dengan sikap manajemen Pertamina terkait utang perseroan. Ia bilang, pihak manajemen Pertamina begitu mudah meminjamkan uang, sementara utang perseroan terus membengkak.

Dalam tayangan yang sama, Ahok menyebut utang Pertamina mencapai USD16 miliar. Meski utang perseroan negara yang menggunung, direksi perusahaan masih terus mencari pinjaman, menurut Ahok hal itu sebagai suatu kebiasaan.

Baca juga: BUMN Ogah Pusing Soal Blak-blakan Ahok Soal Pertamina : Itu Urusan Internal

Nantinya, hasil pinjaman itu digunakan Pertamina untuk mengakuisisi lapangan di luar negeri. Padahal, masih ada 12 cekungan di dalam negeri yang berpotensi memiliki minyak dan gas.

"Pertamina sekarang uda ngutang USD16 miliar, tiap otaknya pinjem duit saja nih, saya sudah kesel ini, minjem duit terus mau akuisisi terus lagi, saya bilang tidak berpikir untuk eksplorasi, kita masih punya 12 cekungan yang berpotensi punya minyak, punya gas, itu ngapain di luar negeri gitu loh, jadi jangan-jangan, saya pikir ada komisi kali nih beli minyak di luar," pungkas Ahok.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: