Pantau Flash
Anies Baswedan Perpanjang Tanggap Darurat Jakarta hingga 19 April
Positif COVID-19 Meningkat, 1.155 Kasus, 102 Meninggal, dan 59 Sembuh
Cegah Penyebaran Virus Korona, Menag Imbau Masyarakat Tidak Mudik
Seorang Dokter Positif Tertular Virus Korona dari Klaster Bima Arya
Presiden Prancis Ingatkan Italia Waspada Bantuan China dan Rusia

Konsumsi Ekstrak Bayam Ampuh Turunkan Berat Badan

Konsumsi Ekstrak Bayam Ampuh Turunkan Berat Badan Sayur Bayam. (Foto: healthline)

Pantau.com - Sebuah studi yang dilakukan peneliti di Lund Unversity, Swedia, menunjukkan bahwa ekstrak bayam mengandung membran hijau daun atau tilakoid yang dapat mengurangi rasa lapar hedonis hingga 95 persen dan membantu menurunkan berat badan sampai 43 persen.

Lapar hedonis adalah istilah lain dari keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan-makanan tidak sehat seperti makanan manis atau makanan cepat saji, yang merupakan penyebab umum obesitas dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk yang Akan Timbul Jika Terlalu Sering Minum Soda

Hasil studi menunjukkan bahwa tilakoid dapat memperkuat produksi hormon kenyang dalam tubuh dan menekan rasa lapar hedonik, yang pada akhirnya juga berdampak lebih baik pada pengendalian nafsu makan, penerapan kebiasaan makan sehat dan meningkatkan penurunan berat badan.

Dalam studi tiga bulan yang melibatkan 38 perempuan dengan kelebihan berat badan itu, para peneliti meminta peserta penelitian setiap pagi mengonsumsi minuman hijau.

Setengah dari perempuan-perempuan itu diberi lima gram ekstrak bayam dan sisanya menjadi kelompok kontrol yang diberi plasebo.

Para peserta tidak mengetahui mereka berada dalam grup mana. Mereka hanya diminta mengonsumsi makanan diet seimbang termasuk makan tiga kali sehari dan tidak melakukan diet lainnya.

Baca Juga: Awas! Perokok Aktif dan Pasif Rentan Menderita Gangguan Pendengaran

Dalam hal ini kuncinya adalah rasa kenyang dan penekanan lapar hedonis versus lapar homeostasis yang berhubungan dengan kebutuhan energi dasar.

Makanan olahan modern dicerna sangat cepat sehingga hormon di usus yang mengirimkan sinyal kenyang ke otak dan menekan nafsu tidak bisa mengikutinya.

Membran hijau daun memperlambat proses pencernaan, memberikan waktu hormon usus dilepaskan dan mengkomunikasikannya ke otak bahwa kita kenyang.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU