Forgot Password Register

Begini Cara Mengobati Bengkak Persendian dengan Memanfaatkan Kubis

Kubis. (Foto: Pixabay) Kubis. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kubis merupakan salah satu sayuran yang telah lama dikenal karena sifatnya yang sehat dan bergizi. Kubis memiliki kandungan kalori rendah dan dikemas dengan vitamin C, kalium, dan vitamin K.

Dilansir dari newsner.com, kubis telah digunakan selama berabad-abad, tidak hanya sebagai makanan, tetapi juga untuk mengobati bengkak dan memar. Studi dari University of North Carolina juga menunjukkan bahwa kubis memiliki sifat yang dapat memerangi kanker.

Kubis mengandung fitonutrien esensial, anthocyanin (antioksidan) dan glutamine (asam amino). Semua ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang sangat bermanfaat dalam perawatan nyeri dan pembengkakan pada persendian. Beberapa juga mengklaim bahwa sifat anti-inflamasi pada kubis bermanfaat untuk osteoarthritis.

Baca juga: Hati-hati! Terlambat Sarapan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan

Untuk mengobati sakit sendi dengan mamanfaatkan kubis, berikut alat serta bahan yang dibutuhkan:

- Kubis hijau (Bisa juga kubis merah)

- Alumunium foil

- Rolling pin (Alat penggiling)

- Perban atau kasa

- Oven

Bagaimana caranya:

1. Buang daun terluar gunakan daun bagian dalam dan bilas dengan baik. Keringkan dan potong bagian tangkai.

2. Gunakan penggulung untuk mengaduk kol sehingga mulai mengeluarkan air sebagai zat penyembuhnya.

3. Bungkus daun dalam almunium foil dan panaskan dalam oven selama beberapa menit sampai kubis panas. Balurkan ke daerah yang terkena dan rekatkan dengan perban atau kain kasa.

4. Biarkan selama sekitar satu jam dan ulangi prosedur tiga kali sehari. Bilas setiap waktu.

Baca juga: 3 Zodiak Ini Diprediksi Bakal 'Kaya Raya' di Umur 30 Tahun

Jika Kamu lebih suka kompres dingin, Kamu bisa mengikuti instruksi yang sama tetapi letakkan daun di lemari es beberapa saat sebelum menerapkannya pada tubuh. 

Meskipun sangat jarang orang teriritasi kulit karena kubis, segera basuh dan bersihkan jika merasa tidak nyaman atau gatal.

Ingatlah meskipun pengobatan cara ini cukup membantu, namun selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter jika Kamu menderita masalah serius.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More