Pantau Flash
Kemensos Klaim Seluruh Lokalisasi di Pulau Jawa Sudah Ditutup
Diwarnai Blunder Yanto Basna, Indonesia Kalah 0-2 dari Malaysia
MRT Bayar Listrik Rp12 Miliar Setiap Bulan
Pelebaran Trotoar di Cikini Korbankan Jalur Sepeda
Hasto: Ahok Tak Harus Keluar PDIP Jika Diberi Tugas di BUMN

Di Tengah Kritik Tajam AS, Iran Kembali Luncurkan Satelit

Di Tengah Kritik Tajam AS, Iran Kembali Luncurkan Satelit peluncuran satelit Iran di Imam Khomeini Space Center. (Foto: Twitter/Obs_IL)

Pantau.com - Teheran tampaknya telah berusaha melakukan peluncuran satelit keduanya di tengah-tengah kritik AS, yang menuding program angkasa Iran akan membantu pengembangan rudal balistik negara itu, menurut Times Israel. namun, Iran belum mengkonfirmasi peluncuran satelit itu.

Times Israel melaporkan, gambar yang dirilis oleh perusahaan berbasis di Colorado DigitalGlobe menunjukan sebuah roket di Imam Khomeini Space Center di Provinsi Semnan, Iram, pada 5 Februari. Menurut DigitalGlobe, gambar tersebut Iran menggunakan Safir, atau ambasador roket dalam peluncuran itu, seperti dilansir Sputnik, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: Eks Analis CIA: Iran Berhasil Bikin Trump Ribut dengan Intelijen AS

Sebelum, Iran berupaya untuk meluncurkan satelit dari Payam pada 15 Januari lalu, namun peluncuran itu mengalami kegagalan pada tahap ketiga peluncuran yang menyebabkan kegagalan dalam mencapai orbit.

Baca juga: Gagal Mengorbit, Satelit Iran Jatuh ke Samudera Hindia

Sehari setelah kegagalan itu, Rouhani mencatat Iran akan melaksanakan peluncuran satelit baru dalam beberapa bulan mendatang sebagai bagian dari program luar angkasa. Iran menekankan bahwa peluncuran satelit miliknya tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan merupakan bagian dari eksplorasi program luar angkasa.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: