Forgot Password Register

Lapangan Pekerjaan Jadi Isu Krusial Pemilih Milenial di Pilpres 2019

Peneliti LSI Adjie Alfarabie (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika) Peneliti LSI Adjie Alfarabie (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan isu politik yang paling krusial bagi generasi millenial adalah lapangan pekerjaan. Sebab sebagian generasi millenial termasuk dalam tahap penyesuaian kemandirian diri.

"Kalau lihat yang tadi, salah satu isu penting adalah lapangan kerja. Jadi pemilih millenial prioritas isu yang harus diperjuangkan lapangan kerja yang paling dicari," ujar Peneliti LSI Adjie Alfarabie saat diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018).

Baca juga: PKS Bantah Gubernur NTB Terpilih Zulkieflimansyah Dukung Jokowi

Lebih lanjut ia menambahkan, perlu ada penggolongan khusus antara millenial yang hidup di wilayah pedesaan dan perkotaan. Sebab, pihaknya mencatat millenial yang hidup di perkotaan hanya sekitar 30 persen dan sisanya di pedesaan.

"Kalau dibedah lebih lanjut, memang harus hati-hati membuat kategori karena kalau kita angkat di survei relatif tersesar baik kota dan desa di kota hanya 30 persen, pemilih lebih banyak di pedesaan dan umumnya dibawah 60 persen," katanya. 

"Lebih banyak tinggal di pedesaan ini juga akan memengaruhi cara berpikir dan siapa capres yang dipilih," imbuhnya.

Baca juga: PKS Siapkan Sanksi Bagi Kadernya yang Dukung Jokowi-Ma'ruf

Lebih lanjut menurutnya, ini menjadi sangat bervariasi sebab pemilih pedesaan juga tetap terpapar informasi sebab media sosial merambah ke pedesaan. 

"Variatif tentunya pemilih di pedesaan dan perkotaan jenis pekerjaannya berbeda. Parpol atau capres harus melihat isu lapangan kerja yang utama. Karena aspek tokoh tidak akan bertambah lama," ungkapnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More