Forgot Password Register

Headlines

'Ngeri-ngeri Sedap' Ekonomi di Tahun Politik

'Ngeri-ngeri Sedap' Ekonomi di Tahun Politik Ketua Apindo, Haryadi Sukamdani (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai tahun politik akan sangat berpengaruh kepada dunia usaha. Ketua Apindo, Haryadi Sukamdani mengatakan transisi kepemimpinan membuat efektivitas tidak maksimal.

"Dalam negeri karena transisi mau punya pemerintahan baru ada pemilihan presiden tentu efektivitas ini gak maksimal," ujarnya saat ditemui di Kantor Apindo, Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Namun pihaknya mengaku akan tetap mendorong agar kontribusi kepada peetumbuhan ekonomi dari dunia usaha dapat tetap optimal. 

"Makanya saya bilang agak fluktuatif tahun depan, tapi bukan berarti lantas jadi enggak berbuat apa-apa, dunia usaha kita sudah melakukan serangkaian cara untuk menjaga pertumbuhan itu seoptimal mungkin," paparnya. 

Baca juga: Mengintip Sepeda Listrik Karya Anak Bangsa yang Bisa Gowes Hingga 115 KM

Beberapa diantaranya upaya yang dilakukan dari dunia usaha diantaranya dengan kebijakan mengkonversi mata uang Rupiah ke Reminbi untuk bertransaksi dengan China, kemudian juga mendorong perusahaan BPJS ketenagakerjaan ekspansi ke sektor properti.

"Yang kita lakukan dari sektor riil yang di luar kebijkan itu mengkonversi reminbi, kita bisa mendorong BPJS ketenagakerjaan ekspansi bisa untuk mendanai perumahan," katanya. 

"Juga pariwisata juga kita memaksimalkan dan yang ada untuk promosi, banyak yang bisa kita lakukan di luar kebijakan pemerintah, karena menunggu terbentuknya pemerintahan baru di Oktober 2019," pungkasnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More