Kabareskrim Sangkal Terlibat Kasus Suap Tambang di Kaltim

Headline
Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto. (Foto: Antara/Divisi Humas Polri)Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto. (Foto: Antara/Divisi Humas Polri)

Pantau – Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menduga ada pengalihan isu terkait dirinya yang dirumorkan terlibat kasus suap tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

Agus justru balik melempar bola yang sebelumnya sempat diaminkan eks Karopaminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan.

“Jangan-jangan mereka yang terima, dengan tidak teruskan masalah, lempar batu untuk alihkan isu,” kata Agus, Jumat (25/11/2022).

Agus menambahkan, keterangan saja tak cukup untuk membuktikan ia benar terlibat atau tidak. Agus dalam hal ini berbicara soal integritas Ferdy Sambo dan Hendra Kurniawan.

Baca juga: Hendra Kurniawan Benarkan Nama Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Terseret Dugaan Kasus Tambang Ilegal

“Keterangan saja tidak cukup. Tanya ke anggota di jajaran kelakuan HK dan FS,” ujarnya

“Kenapa kok dilepas sama mereka kalau waktu itu benar?” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, bekas Karopaminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan membeberkan, dugaan keterlibatan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto dalam kasus tambang ilegal di Kaltim. Hendra membenarkan nama Agus terseret dalam kasus tersebut.

“Ya, kan sesuai faktanya begitu,” kata Hendra saat ditanya wartawan soal dugaan keterlibatan Kabareskrim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Komisi III DPR Minta Polri Usut Tudingan Kabareskrim Terima Suap Tambang

Hendra membenarkan, ia pernah menyelidiki dugaan setoran ke Kabareskrim Polri. Ia mengklaim bahwa dugaan itu tertuang dalam laporan hasil penyelidikan.

“Kan ada datanya,” ujar Hendra singkat.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino
Penulis
Khalied Malvino