Pantau Flash
Total Ada 16 Orang Ditangkap Terkait OTT Bupati Banggai Laut
Dokter: Kelelahan pada Penyintas Korona Jadi Gejala Fenomena 'Long COVID'
Bamsoet: Deklarasi Benny Wenda Makar, Pemerintah Harus Tindak Tegas
Rekor Lagi! Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Naik 8.369 Hari Ini
Lemhannas: Benny Wenda Tidak Punya Kewenangan untuk Deklarasi Papua Barat

7 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Bayi

7 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Bayi Jambu Biji. (1health)

Pantau.com - Jambu biji adalah salah satu buah yang paling umum yang diperkaya dengan banyak mineral dan vitamin. Orang-orang dari semua kelompok umur suka menikmati buah rasa unik ini selama musimnya. Namun, selalu ada keraguan apakah memberi makan jambu biji baik untuk bayi atau tidak?

Bayi diberi makanan padat ketika mereka berusia enam bulan atau lebih karena ASI tidak lagi cukup untuk memberi mereka nutrisi penting yang cukup untuk perkembangan mereka. Buah dianggap sebagai makanan terbaik selama periode ini karena kaya akan rasa dan sumber nutrisi.

Ada kesalahpahaman bahwa jambu biji tidak aman untuk bayi karena biji padatnya yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Namun, ada cara lain untuk memperkenalkan guvava ke makanan anak tanpa mengandung manfaat kesehatannya.

Berikut ini beberapa nutrisi dari jambu biji dan manfaat kesehatannya yang luar biasa untuk bayi.

1. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jambu biji mengandung sejumlah besar vitamin C yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan regenerasi sel pada bayi. Jambu biji mengandung empat kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

Baca Juga: 5 Manfaat Lain Jambu Biji yang Tak Banyak Orang Ketahui

2. Membantu Perkembangan Sistem Saraf

Asam folat bermanfaat bagi bayi untuk membantu mencegah beberapa cacat lahir yang terkait otak dan tulang belakang seperti anencephaly. Ini sangat membantu pertumbuhan sistem saraf dan peredaran darah pada bayi.

3. Bermanfaat untuk Mata yang Sehat

Jambu biji kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk penglihatan yang baik. Kekurangan vitamin A pada bayi dapat menyebabkan xerophthalmia.

4. Mencegah Kanker

Sifat antioksidan jambu biji membantu mencegah bayi dari risiko kanker. Ini juga membantu mencegah mereka dari penyakit yang diinduksi ROS seperti Alzheimer dan Parkinson dan gangguan lain seperti hiperoksia dan peradangan.

5. Bermanfaat untuk Perkembangan Otak

Biji jambu biji kaya akan asam lemak seperti linoleat dan fenolik, yang merupakan komponen kunci dalam perkembangan otak bayi dan formasi jaringan lainnya.

Baca Juga: 7 Khasiat Sehat Buah Jambu Biji, Bisa Redakan Nyeri Menstruasi Lho

6. Membantu Pencernaan

Jumlah kaya serat dalam jambu biji membantu meningkatkan pencernaan pada anak-anak dan mencegah sembelit dan usus buntu. Buah ini juga membantu selama diare dan disentri serta memperkaya produksi darah.

7. Membantu Perkembangan Tulang

Kalsium dan nutrisi lainnya dikemas dalam jambu biji yang membantu perkembangan tulang yang padat dan kuat serta pembentukan tulang rawan pada bayi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: